Pada hari ini per jam 12.00 WIB kami telah melayani total 345 petugas KPPS sakit
Kota Bandung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Bandung Jawa Barat menangani sebanyak 345 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang mengalami kelelehan selama masa pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024.

“Pada hari ini per jam 12.00 WIB kami telah melayani total 345 petugas KPPS sakit,” kata Kepala Dinkes Kota Bandung Anhar Hadian di Bandung, Jumat.

Anhar menyebutkan, sebanyak sembilan orang di antaranya harus dilarikan ke rumah sakit karena membutuhkan penanganan lebih lanjut.

"Dari semua itu ada total sembilan yang masuk rumah sakit, sekarang jadi delapan orang karena sudah pulang dan masih tersisa satu orang yang dirawat,” katanya.

Menurut dia, berdasarkan hasil diagnosa, kebanyakan petugas mengalami kelelahan, sakit kepala hingga beberapa yang punya penyakit bawaan. Para petugas, sebagian besar terlambat makan hingga bekerja dengan waktu yang panjang.

“Mereka bekerja dari subuh ketemu subuh, sehingga perlu ada persiapan energi yang lebih. Sehingga harus diperhatikan ke depan,” katanya.

Lebih lanjut, Anhar mengimbau kepada para petugas KPPS yang mengalami penurunan kesehatan pascabertugas untuk dapat langsung datang ke layanan fasilitas kesehatan seperti Puskesmas.

"Bagi yang sakit kami masih melayani Kesehatan di seluruh Puskesmas Kota Bandung, datang saja ke Puskesmas terdekat," kata Anhar.

Ia juga memastikan bahwa pelayanan Puskesmas di Kota Bandung masih beroperasi selama 24 sejak hari pemungutan suara hingga Jumat 16 Februari 2024.

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024