Jakarta (ANTARA) - Perusahaan otomotif asal China, Wuling, memperkenalkan mobil listrik ketiganya di Indonesia, Cloud EV yang memiliki kemampuan jarak tempuh dan dimensi lebih besar dibandingkan dua seri sebelumnya.

Mobil listrik segmen medium hatchback itu diperkenalkan kali pertama dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di Jakarta pada Kamis (15/2). Namun, Wuling baru sebatas memperkenalkan tampilan dan fiturnya, belum membocorkan harga resminya.

Cloud EV memiliki kemampuan jarak tempuh 460-505 km. Dimensinya lebih besar dari dua seri sebelumnya, yaitu Air EV dan Binguo EV, memiliki kabin yang diklaim lebar dan konfigurasi lima kursi.

"Kami dengan bangga menampilkan eksterior dan interior Wuling Cloud EV, sebuah inovasi kendaraan listrik yang menonjolkan desain elegan serta menyajikan kenyamanan lebih bagi para penggunanya," kata Direktur Penjualan dan Pemasaran Wuling Motors Indonesia Dian Asmahani dalam keterangannya.

Dia menyebut eksterior mobil itu memiliki kesan dinamis dan ringan, serta memiliki lekukan yang halus.

Sementara itu, interiornya menonjolkan desain kabin dengan nuansa black pearl. Kabin kendaraan listrik ini juga dilengkapi head unit berukuran 15,6 inci dan MID berukuran 8,8 inci, kulit berkualitas tinggi yang melapisi dashboard, sandaran tangan pada door trim, hingga konsol tengah.

Bagian joknya mengusung gaya Italian bubble sofa yang terinspirasi dari kelembutan awan seperti nama mobil ini "cloud". Jok depan dapat direbahkan dengan maksimal dan jok belakang bisa direbahkan dengan sudut maksimum 135 derajat sehingga keseluruhan kursi menyerupai sofa panjang yang nyaman bagi pengguna untuk beristirahat.

Seperti dua seri pendahulunya, Cloud EV juga telah memenuhi syarat tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) 40 persen dengan basis produksi di Cikarang, Jawa Barat.

Wuling kali pertama meluncurkan mobil listrik di Indonesia pada Agustus 2022 dengan merilis seri AirEV, kemudian seri kedua, Binguo EV, diperkenalkan pada tahun lalu. Perusahaan itu telah menjual ribuan unit mobil listrik sepanjang tahun lalu, menjadikannya salah satu merek paling laku di Indonesia.

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2024