Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua mendorong wilayah Asei menjadi kampung wisata pada 2024.

Pantai Kalkhote Sentani yang setiap tahunnya menjadi lokasi penyelenggaraan Festival Danau Sentani (FDS) masuk dalam wilayah adat Kampung Asei.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura Ted Y Mokay di Sentani, Jumat mengatakan pihaknya sedang mendorong supaya 2024 Asei masuk dalam kampung wisata nasional.

“Kalau Asei sudah menjadi kampung wisata maka segala sesuatu untuk pengembangan pariwisata di kampung tersebut akan mendapat sokongan Dana Alokasi Umum (DAU) dari pemerintah pusat,” katanya.

Menurutnya, hal ini yang sedang dikejar, dengan diawali Rancangan Rencana Induk Pengembangan Kepariwisataan (RARIPDA) yang telah ditetapkan DPRD Kabupaten Jayapura menjadi RIPDA pada Desember 2023.

“Selama ini pengembangan kepariwisataan terhambat di Kabupaten Jayapura karena hal-hal mendasar seperti ini tidak pernah dilakukan kepala dinas sebelumnya, sehingga sektor pariwisata tidak berkembang,” ujarnya.

Dia menjelaskan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura tahun ini begitu minim sehingga untuk mengakomodir semua kegiatan kepariwisataan seperti FDS, Festival Bahari Tanah Merah pasti anggarannya tidak cukup.

“Apakah kita hanya ingin mengelola FDS saja setiap tahun, padahal kegiatan kepariwisataan banyak tetapi karena dana yang minim sehingga lebih banyak dilakukan dalam bentuk sosialisasi kepada masyarakat,” katanya.

Dia menambahkan dengan anggaran seperti ini, maka di dibutuhkan strategi untuk memperoleh dukungan anggaran dari pemerintah pusat sehingga pembiayaan kepariwisataan tidak hanya menggunakan APBD tetapi ada dukungan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU).

Anggaran yang disiapkan tahun ini untuk penyelenggaraan Festival Danau Sentani (FDS) sebesar Rp2 miliar dengan waktu penyelenggaraan lima hari. Dan waktu pelaksanaan belum diputuskan kapan akan dilakukan karena adanya sedikit pergeseran waktu pada FDS tahun lalu.


Baca juga: Pemkot Jayapura jadikan kawasan perbatasan sebagai wisata unggulan

Baca juga: Pemkab Jayapura siap mendorong Yoboi sebagai desa wisata 2024
 

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024