kemajuan teknologi medis terkini telah memberikan peluang yang sangat tinggi bagi para pasien kanker untuk bertahan hidup.
Medan (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik, Medan, Sumatera Utara merawat lebih dari 20 anak yang menjalani pengobatan karena mengalami penderita kanker.

"Rumah sakit ini terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan secara paripurna dan mendukung segala hal dalam pelayanan kanker, termasuk kanker pada anak,” ucap Direktur Medik dan Keperawatan dr Otman Siregar SpOT(K) di Medan, Jumat.

Otman melanjutkan, sebagai pelayanan maksimal, pihaknya telah membuat acara seperti pemberian bingkisan, penampilan dari para penyintas kanker anak yang telah berhasil menaklukkan penyakit, pembagian bunga untuk dokter dan lain-lain dalam acara"Hari Kanker Anak Internasional" di Gedung Central Medical Unit (CMU) RSUP Haji Adam Malik.

"Mudah-mudahan dengan acara ini, diharapkan paling tidak bisa menggugah hati kita bahwa banyak pasien kanker yang sangat membutuhkan perhatian, baik dari segi moril maupun material," ucapnya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Sumut Rohdearni Saragih menyampaikan apresiasi atas kegiatan ini.

Dia berharap kegiatan ini dapat menghibur dan sedikit meringankan beban para pasien kanker di rumah sakit ini yang sedang berjuang melawan penyakit yang mereka derita selama ini.

Menurut laporan World Health Organization (WHO), lebih dari 1.000 anak secara global didiagnosis menderita kanker setiap hari. Tapi, kemajuan teknologi medis terkini telah memberikan peluang yang sangat tinggi bagi para pasien kanker untuk bertahan hidup.

"Peran dokter dan tenaga kesehatan lainnya, hingga orang tua dan keluarga menjadi bagian yang tidak kalah penting untuk mendorong mereka agar terus berjuang melawan kanker," ucap Rohdearni.

Pembina Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM) Halimah Hutagalung menambahkan rumah sakit ini sangat perhatian dan telah banyak memberikan bantuan bagi kami dalam mendampingi.

"Terima kasih juga telah memfasilitasi dan mendukung sehingga terselenggara kegiatan untuk menghibur anak-anak pasien kanker ini,” tuturnya.
Baca juga: RSUP Haji Adam Malik sukses lakukan 29 operasi aneurisme selama 2023
Baca juga: RSUP Adam Malik sukses transplantasi ginjal untuk keenam kalinya
Baca juga: RSUP HAM jadi proyek rintisan "robotic telesurgery" di Indonesia barat

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2024