Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora kemarin, Jumat (16/2) masih menarik untuk dibaca hari ini, mulai dari Kementerian Kesehatan yang mencatat ada 27 kasus kematian petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Pemilu 2024, hingga Gunung Semeru di Jawa Timur yang kembali erupsi.

Selain itu, ada juga warta terkait Gunung Merapi yang kembali meluncurkan guguran lava sebanyak 189 kali, peringatan hari kanker sedunia, hingga PBNU yang mencabut penonaktifan sementara pengurus yang menjadi caleg dan timses.

Berikut rangkuman berita:

Kemenkes catat 27 kasus kematian petugas KPPS pada Pemilu 2024

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat 27 kasus kematian petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Pemilu 2024.

"Sampai saat ini tercatat 27 kasus kematian yang dilaporkan," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi.

Baca selengkapnya di sini.

Gunung Semeru kembali erupsi dengan letusan setinggi 700 meter

Gunung Semeru yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dengan Malang, Jawa Timur kembali erupsi dengan letusan setinggi 700 meter di atas puncak Mahameru pada Jumat pukul 17.20 WIB.

Baca selengkapnya di sini.

Guguran lava meluncur 189 kali dari Gunung Merapi

Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta tercatat meluncurkan guguran lava sebanyak 189 kali ke arah selatan dan barat daya selama sepekan yang terhitung sejak 9 sampai 15 Februari 2024.

Baca selengkapnya di sini.

Masyarakat tak perlu takut deteksi dini kanker demi kesembuhan

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengimbau masyarakat tidak takut untuk melakukan deteksi dini kanker karena penyakit itu dapat disembuhkan jika diketahui sejak dini.

Baca selengkapnya di sini.

PBNU cabut penonaktifan sementara pengurus yang jadi caleg dan timses

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mencabut penonaktifan sementara 63 pengurus harian dan pleno karena maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) dan tergabung dalam tim sukses (timses) pasangan calon presiden-wakil presiden di Pemilu 2024.

Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024