Jakarta (ANTARA) - Pemimpin Tim Ferrari Fred Vasseur mengatakan keputusan tim untuk menggantikan pembalapnya musim ini, Carlos Sainz, dengan Lewis Hamilton untuk musim 2025, merupakan salah satu keputusan tersulit dalam hidupnya.

Vasseur mengungkapkan, ia merasa berat untuk menyampaikan kabar tersebut untuk pertama kalinya kepada Sainz, yang merupakan satu-satunya pemenang grand prix selain Max Verstappen (Red Bull) pada musim lalu tersebut.

“Seperti yang bisa Anda bayangkan, itu bukanlah hal termudah dalam hidup saya,” ungkap Vasseur, dikutip dari laman resmi Formula 1, Sabtu.

“Tapi saya sepenuhnya yakin bahwa ia adalah pembalap yang sangat profesional, bahwa dia memahami bahwa kami memiliki musim yang panjang di depan kami, (bahwa ini) adalah peluang besar,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Hamilton sangat termotivasi jalani musim terakhir bersama Mercedes

Pria asal Prancis itu mengatakan, diskusi panjang turut menyertai keputusan mengejutkan tersebut. Namun, Vasseur menegaskan bahwa Ferrari akan selalu mendukung Sainz untuk karier balap mobilnya di masa mendatang.

“Kami berdiskusi panjang, dan tentu saja, saya akan sepenuhnya mendukung Carlos. Dia berkomitmen penuh dan kami tahu bahwa kami harus melakukan pekerjaan ini bersama-sama. Kami profesional,” kata Vasseur.

Dengan bergabungnya Hamilton ke Ferrari pada musim 2025, maka Sainz masih belum memiliki tim yang akan menampungnya pada musim tersebut. Sementara, Charles Leclerc, dipastikan menjadi rekan satu tim Hamilton menyusul perpanjangan kontrak multi-tahun yang baru-baru ini ia lakukan.

Baca juga: Sainz ingin fokus menjalani musim terakhirnya bersama Ferrari

Menurut Vasseur, memiliki seorang juara dunia tujuh kali seperti Hamilton di dalam tim merupakan sebuah peluang yang tidak bisa disia-siakan.

“Bagi tim, peluang bersama Lewis adalah sesuatu yang harus dipertimbangkan. Dia adalah orang dengan pengalaman yang banyak, ini adalah peluang besar bagi kami. Itu tidak ada hubungannya dengan (kinerja) Carlos,” ungkap Vasseur.

“Carlos melakukan pekerjaannya dengan baik tahun lalu, saya yakin dia akan melakukan pekerjaannya dengan baik tahun ini, dia sangat profesional, kami memiliki hubungan yang baik. Namun kenyataannya memang demikian dan kami harus fokus pada masa depan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, ia pun memastikan Sainz dan Ferrari berkomitmen penuh untuk menampilkan yang terbaik pada Formula 1 musim ini.

“Kami sepenuhnya fokus untuk tahun 2024... Saya yakin Carlos akan berdedikasi penuh dan berkomitmen penuh hingga lap dan tikungan terakhir musim ini. Saya yakin seluruh tim akan termotivasi dan sepenuhnya mendukung Carlos, dia telah melakukan pekerjaan dengan baik untuk kami sejauh ini,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Verstappen nilai Hamilton terburu-buru umumkan kepindahan ke Ferrari

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024