Islamabad (ANTARA News) - Sedikitnya 78 orang tewas dan lebih dari 146 orang lagi cedera ketika dua serangan bom bunuh diri terjadi di Kota Peshawar, Pakistan Barat-laut pada Minggu, kata Wakil Komisaris Peshawar,  Zaheer-ul-Islam.

Ia mengatakan, korban serangan bom bunuh diri itu kini dirawat di Lady Reading Hospital di Peshawar.

Saat memberi keterangan mengenai korban jiwa, Kepala Pelaksana Lady Reading Hospital di Peshawar mengatakan korban tewas meliputi dua polisi, tujuh anak dan 34 perempuan, sementara korban cedera meliputi 44 perempuan dan 11 anak-anak.

Menurut Zaheer, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 11.45 waktu setempat, ketika dua pembom bunuh diri meledakkan rompi peledak mereka di dalam tempat ibadah ketika sekitar 500 sampai 600 orang meninggalkan tempat itu setelah menjalankan ibadah Minggu.

Seperti dilansir kantor berita Xinhua, ia menyatakan, ledakan itu ditujukan ke salah satu tempat ibadah paling tua di Pakistan, yang berada di Daerah Gerbang Kohati di Peshawar, Ibu Kota Provinsi Khyber Pakhtoonkwa di bagian barat-laut negeri tersebut.

Shafqat Malik, Inspektur Jenderal Regu Penjinak Bom, mengatakan ledakan itu terjadi dalam waktu sangat berdekatan dan kedua pembom bunuh diri tersebut membawa tujuh kilogram peledak di rompi mereka.

Seorang tokoh agama setempat mengatakan ledakan terjadi ketika orang akan pulang ke rumah mereka dan sebagian sedang makan siang di ruang ibadah.

(C003)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013