Jakarta (ANTARA) - Google telah merilis Pratinjau Pengembang (Developer Preview) pertama untuk Android 15 pada Jumat (16/2) kemarin.

Melansir Gsmarena, Google rencananya akan membuat satu lagi versi DP pada bulan Maret, diikuti oleh versi Beta pertama pada bulan April, Beta kedua pada bulan Mei, dan kemudian fase "Platform Stability" dimulai pada bulan Juni menjelang rilis final yang akan dirilis setelah bulan Juli.

Seperti biasa dengan DP awal, tidak banyak hal baru yang dimasukkan, dan hal-hal yang disorot sebagian besar berfokus pada pengembang.

Akan ada dukungan untuk berbagi layar sebagian di Android 15, yang berarti pengguna dapat berbagi atau merekam hanya satu jendela aplikasi, bukan seluruh layar.

Baca juga: Google rilis fitur pencarian berbasis gambar baru untuk ponsel Android

Sebelumnya, Android 13 menambahkan dukungan untuk menghubungkan ke perangkat MIDI 2.0 melalui USB, dan Android 15 memperluas dukungan ke aplikasi MIDI virtual, sehingga memungkinkan aplikasi komposisi mengontrol aplikasi synthesizer sebagai perangkat MIDI 2.0 virtual seolah-olah aplikasi tersebut adalah perangkat USB MIDI 2.0.

Terdapat juga peningkatan pada bagian "performance framework", ekstensi baru untuk kontrol lebih besar atas perangkat keras dan algoritma kamera pada perangkat yang didukung, serta dukungan untuk tipe data baru di Health Connect.

Baca juga: Google umumkan sistem berbagi Quick Share untuk Android di CES 2024

File dapat dilindungi oleh tanda tangan kriptografi khusus di Android 15, memastikan file tidak dirusak atau dirusak, serta melindungi dari malware atau modifikasi file yang tidak sah.

Sesuai dengan label pra-beta, rancangan ini bukan untuk semua orang. Ini dimaksudkan agar pengembang aplikasi dapat bermain-main dan memastikan aplikasi mereka akan bekerja dengan baik pada rilis mendatang.

Dan seperti biasanya, versi Beta yang akan hadir mulai bulan April dan seterusnya akan mudah untuk didaftarkan oleh siapa pun yang memiliki Pixel.

Baca juga: Google Calendar tak akan lagi beroperasi di Android Nougat 7.1 

Penerjemah: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024