Beijing (ANTARA) - Penjualan mobil penumpang energi baru di China menyumbang hampir dua pertiga dari total penjualan dunia pada tahun lalu, tunjuk data industri.

Sekitar 8,87 juta unit kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV) terjual di pasar China pada 2023, naik 37 persen dari tahun lalu dan menyumbang 63,5 persen dari penjualan global, kata Cui Dongshu, Sekretaris Jenderal Asosiasi Mobil Penumpang China.

Tingkat penetrasi NEV di China, atau proporsi NEV dalam seluruh penjualan mobil, meningkat hingga hampir 30 persen pada 2023.

Pasar NEV menunjukkan ekspansi yang kuat di China selama beberapa tahun terakhir berkat percepatan pembangunan hijau dan pertumbuhan pesat pasar otomotif di negara itu.

Pada 2023, mobil penumpang listrik menyumbang 69 persen dari penjualan di China, sementara mobil plug-in hybrid menyumbang 31 persen.

Mengingat NEV China juga populer di pasar Asia Tenggara dan Eropa, pertumbuhan penjualan yang kuat terlihat di pasar domestik maupun luar negeri, papar Cui.

Data sebelumnya menunjukkan ekspor NEV China pada 2023 melonjak 77,6 persen secara tahunan (year on year/yoy) ke angka 1,2 juta unit. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024