penerbangan perintis koordinator wilayah Gorontalo tersebut melayani sembilan rute di Provinsi Gorontalo, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah.
Kabupaten Gorontalo (ANTARA) - Penerbangan subsidi angkutan udara perintis penumpang dari Bandar Udara (Bandara) Djalaluddin di Kabupaten Gorontalo menuju bandara di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, resmi beroperasi.

Peresmian itu tersebut ditandai upacara adat sebelum pesawat tipe DHC-6 Twin Otter maskapai SAM Air lepas landas, yang diikuti oleh Penjabat Gubernur Ismail Pakaya di landasan pacu Bandara Djalaluddin, Kabupaten Gorontalo, Ahad.

Kepala Bandara Djalaludin Gorontalo Joko Harjani mengatakan, penerbangan perintis koordinator wilayah Gorontalo tersebut melayani sembilan rute di Provinsi Gorontalo, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah.

Khusus Gorontalo mengambil empat rute yakni Djalaluddin – Pohuwato, Djaluddin – Pogogul Buol, Djalaluddin – Bolaang Mongondow, serta Pohuwato – Mutiara Sis Al-Jufri Palu. Frekuensi penerbangan dua kali seminggu.

Baca juga: Pemprov Lampung kaji subsidi penerbangan Bandara Gatot Subroto

Untuk area dua Sulawesi Utara yaitu Bandara Sam Ratulangi – Bandara Bolaang Mongondow, Siau – Sam Ratulangi, Naha Tahuna – Siau, Naha Tahuna – Miangas, Miangas – Melonguane dengan frekuensi penerbangan satu kali seminggu.

"Penerbangan subsidi ini ditargetkan dalam satu kali penerbangan dapat melayani 15 orang penumpang," kata dia.

Joko berharap  operator penerbangan yang akan melaksanakan subsidi angkutan udara perintis yaitu pihak SAM Air, dapat melaksanakan penerbangan sesuai dengan jadwal dan selalu memprioritaskan aspek keselamatan dan keamanan.

Mengenai tarif kata Joko, telah ditetapkan oleh Direktorat Perhubungan Udara berdasarkan rute, misalnya dari Gorontalo ke Pohuwato tarifnya Rp244.370. Sedangkan dari Pohuwato ke Gorontalo Rp205.370. Untuk Pohuwato – Palu sendiri tarifnya Rp479.540 sementara Palu – Pohuwato Rp519.540.

Baca juga: Kemenhub catat 17 rute penerbangan perintis beroperasi di Tarakan

Sementara itu untuk area dua, Gorontalo – Bolaangmongondow Rp263.240. Kemudian Bolaangmongondow ke Sam Ratulangi Manado Rp258.650. Selanjutnya dari Sam Ratulangi ke Siau Rp361.310. Siau ke Naha Rp207.590, dan Naha ke Miangas Rp382.420, sedangkan dari Miangas ke Melonguane Rp340.790.
Pesawat tipe DHC-6 Twin Otter maskapai SAM Air bersiap lepas landas di Bandar Udara (Bandara) Djalaludin di Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Minggu (18/2/2024). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024