Beijing (ANTARA) - Departemen-departemen transportasi China mengambil sejumlah langkah untuk memastikan kelancaran arus perjalanan penumpang seiring berakhirnya liburan Festival Musim Semi, atau Tahun Baru Imlek.

Negara tirai bambu diperkirakan mengalami puncak arus perjalanan tahunan pada Sabtu (17/2), yang merupakan hari terakhir dalam periode liburan selama delapan hari tahun ini yakni 10-17 Februari 2024 dengan jam sibuk antara pukul 14.00 hingga pukul 18.00, menurut Kementerian Transportasi China.

Kementerian tersebut menyampaikan bahwa lalu lintas jalan raya diperkirakan mencapai puncaknya dengan 65,2 juta kendaraan, sekitar 1,75 kali lipat dari rata-rata jumlah kendaraan selama arus mudik Festival Musim Semi. Sementara itu, akibat gelombang dingin, sebagian besar wilayah di China akan dilanda angin kencang dan cuaca dingin, sehingga pergerakan via jalan menjadi lebih sulit.

Seorang pejabat dari kementerian tersebut mengatakan bahwa departemen-departemen transportasi di sejumlah daerah telah mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan manajemen jaringan jalan, respons darurat, pengurangan kemacetan, serta pekerjaan lainnya guna menjamin keselamatan dan ketertiban perjalanan penumpang.

Di Provinsi Hubei, China tengah, otoritas transportasi mengarahkan para pengemudi untuk menghindari ruas jalan yang padat melalui radio, layar elektronik, dan navigasi peta.

Untuk meningkatkan kualitas pengalaman perjalanan bagi para guru dan siswa yang kembali ke Shanghai, otoritas setempat menyediakan jalur-jalur khusus ke 27 kampus universitas pada 16 Februari hingga 5 Maret, dengan bantuan platform "Mobility as a Service".

Arus penumpang kereta juga terus meningkat. Menurut aplikasi resmi untuk pemesanan tiket kereta 12306, arus penumpang dari Beijing, Shanghai, Guangzhou, Zhengzhou, dan kota-kota lainnya relatif besar.

China Railway Shanghai Bureau Group Co., Ltd. telah menambah 410 kereta penumpang yang menghubungkan destinasi-destinasi populer, seperti Beijing-Shanghai dan Guangzhou-Shenzhen. Sementara itu, China Railway Zhengzhou Bureau Group Co., Ltd. mengoperasikan 56 kereta cepat untuk perjalanan malam hari.

Di bagian selatan negara itu, Selat Qiongzhou juga menyambut puncak arus balik pascaliburan Festival Musim Semi.

Agar dapat memenuhi permintaan penumpang dalam memfasilitasi penyeberangan laut, departemen kelautan telah memandu perusahaan-perusahaan yang beroperasi untuk meningkatkan efisiensi pergantian kapal guna memenuhi permintaan transportasi semaksimal mungkin. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024