Bandarlampung (ANTARA) - Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika bersama  Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana meninjau pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 19 Kelurahan Waykandis, Kecamatan Tanjungsenang, Minggu.

"Hari ini ada PSU di TPS 19, sudah berlangsung dan kita lihat semua berjalan lancar," kata Kapolda.

Dia pun berharap pelaksanaan PSU yang sedang berlangsung di dua titik di Kota Bandarlampung dapat berjalan dengan aman dan sesuai dengan yang diharapkan.

"Mudah-mudahan dengan PSU, ini memberikan tanda baik untuk kita semua," katanya.

Selain itu, lanjut Kapolda Lampung itu, dalam upaya pengamanan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK), Polda Lampung juga telah meminta setiap Polres memberikan penguatan keamanan.

"Sekarang, ada tahapan rekapitulasi di PPK, sedang berjalan dari kemarin hingga kini mudah-mudahan berjalan lancar. Untuk penguatan keamanan itu dilakukan oleh Polres setempat, sedangkan Polda Lampung nanti fokus pengamanan di KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota," kata dia.

Pada lokasi yang sama, Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana sangat menyayangkan adanya peristiwa pada pemungutan suara Rabu (14/2) yang mengharuskan PSU.

"Tentu ini sangat saya sayangkan karena terjadi di Bandarlampung. Terlebih di TPS 19 ini, maka saya ingin Bawaslu usut tuntas karena ini adalah oknum," kata dia.

Menurutnya, kejadian di TPS 19 memang di luar dugaan semua pihak-pihak terkait, sebab upaya pencegahan dan sosialisasi serta monitoring pun telah dilakukan sebelum hari pencoblosan.

"Ini di luar dugaan kami, karena bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), sudah melakukan monitoring, keliling wilayah Bandarlampung agar pemilu berjalan lancar. Namun begitu pantauan kami di TPS lainnya berjalan dengan lancar," kata dia.

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024