Jakarta (ANTARA) - Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, dalam surat yang disampaikan oleh Duta Besar Inggirs untuk RI Dominic Jermey, mengatakan ingin mengembangkan "kemitraan strategis sejati" bersama calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto.

Dalam surat yang diunggah pada akun Instagram resmi Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia @ukinindonesia, Sunak secara khusus menulis sapaan "Pak Prabowo."

Sunak mengucapkan selamat kepada Prabowo atas keberhasilannya dalam pemilihan presiden RI 2024.

Pada peringatan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Inggris, Sunak menyatakan gembira bahwa kedua negara telah mencapai banyak kemajuan melalui Peta Jalan Inggris-Indonesia.

"Saya berharap kita dapat mengembangkan hubungan bilateral lebih jauh lagi menjadi Kemitraan Strategis yang sejati, dengan mengutamakan kesejahteraan ekonomi dan keamanan, termasuk bekerja sama untuk menjaga Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," ujar Sunak.

Sunak mengatakan dirinya dan Prabowo memiliki begitu banyak bidang kolaborasi bersama.

PM Inggris itu juga menyatakan komitmen untuk memperdalam hubungan perdagangan Inggris-Indonesia serta mendukung permintaan Indonesia untuk bergabung dengan Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD).

"Inggris juga akan terus bekerja sama dengan Indonesia dalam isu-isu utama seperti perubahan iklim melalui Kemitraan Transmisi Energi yang Adil, dan peningkatan ikatan antarmasyarakat kedua negara juga merupakan prioritas," kata Sunak.

Sunak mengatakan ia sangat menantikan saat untuk mengembangkan kemitraan yang kuat dengan Prabowo pada tahun-tahun mendatang selama kepemimpinannya.
 


Baca juga: Putin ucapkan selamat atas unggulnya Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Baca juga: PM Belanda Rutte ucapkan selamat pada Prabowo atas keunggulannya


 

Bilateral RI-Inggris bahas energi baru terbarukan hingga perdagangan


Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2024