Apabila kebersihannya terjaga, maka pengunjung akan ramai dan betah berlama lama di kawasan itu
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Jajaran TNI-Polri bersama warga serta Paguyuban Duta Lingkungan Nusa Tenggara Barat melakukan pembersihan sampah yang menumpuk dan berserakan di kawasan Pantai Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur.

Komandan Kodim 1615/Lombok Timur Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro di Selong, Minggu, mengatakan kegiatan pembersihan pantai tersebut dipusatkan di lokasi yang juga terdapat muara sungai sebagai pintu masuknya air tawar dan sampah ke laut timur daerah Patuh Karya itu.

“Objek wisata Pantai Labuhan Haji ini sangat indah dan menawan, namun apabila kebersihannya tidak terjaga dengan baik maka akan hilang keindahannya, apalagi bagi wisatawan yang ingin mengabadikan keindahan gambar maupun video," katanya.

Baca juga: Mengolah sampah untuk meraih nilai tambah

Dandim mengajak seluruh masyarakat yang ada di daerah itu, terutama di sekitar pantai Labuhan Haji agar lebih peduli terhadap kebersihan pantai. Sebab, pantai banyak dikunjungi wisatawan setiap hari.

“Teman-teman Pandawara saja datang jauh-jauh hanya untuk membersihkan sampah di Pantai Labuhan Haji, masa kita yang dekat dari pantai tidak mau peduli. Kan malu,” katanya.

Terlebih lagi, kata Dandim, Pantai Labuhan Haji merupakan salah satu dari sekian banyak obyek wisata pantai di Lombok Timur yang selalu ramai dikunjungi masyarakat, sejak pagi hingga sore.

Kebersihan merupakan salah satu pemikat bagi wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata. Apabila kebersihannya terjaga, maka pengunjung akan ramai dan betah berlama lama di kawasan itu.

Baca juga: Pasangan suami istri ubah sampah pemilu jadi produk kreatif

"Karena itu, dukungan dari masyarakat juga sangat diharapkan agar kawasan wisata kita ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dan pada akhirnya juga akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat sekitar," katanya.

Sementara itu, Duta Lingkungan NTB, Maulidya Rahmi Aulia mengatakan kegiatan bersih-bersih pantai itu merupakan aksi sebagai salah satu kampanye kepada masyarakat betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar, termasuk kawasan pantai

“Bagaimana membangkitkan kesadaran masyarakat, baik pengunjung maupun penduduk sekitar agar tidak membuang sampah secara sembarangan,” katanya.

Untuk membuat para pengunjung pantai Labuhan Haji merasa nyaman, maka kebersihan harus selalu dijaga.

"Apabila kawasan wisata kita berbau tidak sedap dengan sampah yang berserakan, maka dapat dipastikan pengunjung pantai akan terganggu atau merasa tidak nyaman dan akan segera pindah mencari tempat obyek wisata yang lain," katanya.

Baca juga: DLH Rejang Lebong rencanakan pendirian industri batako berbahan sampah

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024