Jakarta (ANTARA) - Pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia mengatakan akan memanfaatkan dua hari uji coba pramusim MotoGP 2024 terakhir di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar, dengan fokus pada pengembangan teknis motor Desmosedici GP 2024.

“Di sini, di Qatar, tujuan kami adalah untuk menegaskan kembali impresi dan data yang kami kumpulkan di Malaysia, dan kemudian mulai bekerja (mengembangkan) lagi menjelang balapan akhir pekan,” kata Bagnaia, dikutip dari keterangan resmi Ducati, Senin.

Juara dunia dua kali itu melanjutkan, hasil uji coba pramusim di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, beberapa waktu lalu, menunjukkan bahwa motor sudah cukup solid, tapi belum mencapai performa maksimal.

“Di Sepang, kami berhasil melakukan pekerjaan dengan baik, tapi kami masih belum mencapai kondisi yang 100 persen. Namun, menurut saya, kami sudah sangat dekat, dan perkembangannya sudah mencapai angka 80 persen,” jelas pembalap Italia itu.

Lebih lanjut, pembalap yang akrab disapa Pecco itu yakin bahwa tim bisa terus mempertahankan konsistensinya jelang dibukanya MotoGP musim 2024.

Baca juga: Ducati ingin perpanjang kontrak Bagnaia sebelum MotoGP 2025
Baca juga: Bagnaia & Bastianini siap hadapi 2024 dengan desain baru Ducati


“Kami memiliki dua hari yang sangat intens di depan kami, dan saya yakin sesi uji coba ini akan memberikan hasil yang positif,” kata Bagnaia.

Sependapat, rekan satu tim Bagnaia, Enea Bastianini, mengatakan dua sesi latihan bebas di Lusail yang masing-masing berdurasi delapan jam itu akan menjadi kesempatan untuk melanjutkan pengembangan Desmosedici GP terbaru mereka, dengan pengaturan yang lebih tepat lagi.

“Tes di Malaysia berjalan dengan baik dan sangat penting. Sekarang, kami akan menjalani dua hari uji coba lagi di Qatar, yang juga tidak kalah penting. Programnya kurang lebih akan sama seperti di Malaysia, tapi kami akan beradaptasi lagi karena kondisi trek di sini berbeda, untuk mengumpulkan data baru,” jelas Bastianini.

Sementara itu, setelah melakoni rangkaian sesi uji coba resmi MotoGP 2024 di Qatar pada 19-20 Februari, musim mendatang pun akan dibuka dengan grand prix pertama di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar, pada 8-11 Maret.

Baca juga: Bagnaia tercepat dalam tes MotoGP hari ketiga di Sirkuit Sepang

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024