Jakarta (ANTARA) - Direktur Teknik Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Indra Sjafri menunjuk Nova Arianto sebagai pelatih kepala timnas Indonesia U-16.

Melansir dari laman resmi PSSI, Senin, penunjukan ini dibarengi dengan Nova yang mulai membentuk tim pada hari ini dengan menjalani latihan untuk memulai seleksi yang dilakukan di Lapangan B, Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin pagi dan akan dilanjutkan pada sore hari nanti.

Pada seleksi perdana gelombang 1 yang berlangsung pagi tadi, pelatih timnas Indonesia U-20 itu juga memantau tahapan seleksi secara langsung.

"Saya hadir melihat langsung seleksi U-16. Jadi saya memang ditugaskan Ketum untuk bertanggung jawab atas tim U-20 dan U-17. Namun, saya hanya fokus sebagai pelatih kepala di tim U-20. Untuk U-17, saya mendelegasikan Nova Arianto sebagai pelatih kepala tim," kata Indra.

Indra mengatakan salah satu alasannya menunjuk Nova sebagai pelatih tim U-16 adalah karena ingin adanya regenerasi pelatih di Indonesia.

"Berbeda dengan Shin Tae-yong yang menangani dua tim sekaligus sebagai pelatih kepala (Senior dan U-23). Di sini, saya ingin adanya regenerasi kepelatihan," jelas Indra.

Dalam kesempatan yang sama, Nova pun mengucapkan rasa terima kasihnya telah diberi kepercayaan untuk menangani timnas U-16.

"Terima kasih PSSI dan coach Indra Sjafri yang telah memberikan kepercayaannya kepada saya untuk mengemban tugas menangani tim U-16," katanya.

"Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, kita akan memperbaikinya dari bawah agar pemain bisa lebih siap saat masuk di level teratas nantinya," sambungnya.

Untuk seleksi tim U-16 sore nanti akan ada internal game. Kegiatan ini terbagi dalam tiga gelombang, yang nantinya akan berakhir pada 21 Februari 2024 untuk gelombang pertamanya.

Rangkaian seleksi dan pemusatan latihan tim U-16 ini adalah sebagai bagian dari persiapan tim menyambut pergelaran Piala AFF U-16 dan Kualifikasi Piala Asia U-17.

Baca juga: Indra Sjafri incar pemain potensial Liga 3 gabung Timnas U-20
Baca juga: Indra Sjafri ajukan dua laga uji coba Timnas U-20 sambut Piala AFF


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024