Banjarmasin (ANTARA) - Basarnas Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) mengevakuasi sembilan anak buah kapal (ABK) korban kecelakaan kapal kandas KM Arif Wijaya Kusuma di perairan arah timur Kabupaten Kotabaru.

Kepala Basarnas Banjarmasin Al Amrad di Banjarmasin, Senin, mengatakan empat orang tim SAR berhasil mengevakuasi sembilan korban di atas kapal yang kandas di atas karang.

“Kondisi kapal pecah, tetapi Alhamdulillah, korban semuanya selamat,” kata dia.

Al Amrad menyebutkan informasi kapal tandas diterima dari Satuan Polair Polres Kotabaru pada Ahad (18/2) sekitar pukul 23.17 Wita, sedangkan kapal tandas pada hari yang sama sekitar pukul 13.00 Wita.

Baca juga: Kapal kandas di Selat Bali berhasil ditarik ke Pelabuhan Gilimanuk 

Baca juga: Tim Emergency Response Syahbandar evakuasi penumpang kapal kandas

“Semua korban sudah dievakuasi, titik kejadian tepatnya di Tanjung Mangkok (Kabupaten Kotabaru),” ujarnya.

Dia menuturkan awal mula kejadian saat kapal hendak berlayar dari Tanjung Mangkok menuju Rembang, saat berlayar tiba-tiba kapal kandas di atas karang yang berlokasi di arah timur Kabupaten Kotabaru.

Setelah 11 jam kemudian, kata Al Amrad, tim Pos SAR Kotabaru mengetahui kejadian dan langsung memberangkatkan sebanyak empat personel.

Tidak butuh waktu lama, tim SAR menemukan sembilan korban berada di atas kapal yang rusak akibat kandas di atas karang, proses evakuasi membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk sampai di daratan di Pos Satuan Polair Polres Kotabaru, tepatnya pada pukul 01.50 Wita.

Al Amrad mengatakan saat proses evakuasi korban kapal kandas, pihaknya dibantu lima personel Satuan Polair Polres Kotabaru, dan masyarakat setempat.

“Alhamdulillah, tidak ada kendala saat proses evakuasi, semuanya lancar berkat kerja sama seluruh pihak,” ujarnya lagi.*

Baca juga: Ratusan kapal nelayan kandas di alur Pelabuhan Air Katung Bangka

Baca juga: 114 penumpang kapal yang kandas di Selat Bali sudah dievakuasi

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024