penting mewujudkan  sinergi yang erat antara pemerintah dengan media untuk membentuk masyarakat yang demokratis dan tercerahkan
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyebut pers berperan penting dalam mengawal demokrasi dan transisi kepemimpinan melalui penyajian informasi yang akurat dan objektif.
 
"Jadi melalui penyajian informasi yang akurat dan objektif di tengah kemajuan pesat teknologi, serta gelombang besar informasi saat ini, peran media sangat penting.," kata Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah Sigit Wijatmoko dalam Konvensi Nasional Media Massa di Auditorium Candi Bentar, Ancol, Jakarta Utara, Senin.

Terkait hal itu, menurut Sigit penting mewujudkan  sinergi yang erat antara pemerintah dengan media untuk membentuk masyarakat yang demokratis dan tercerahkan
 
Sigit menyebut media dan seluruh insan pers diharapkan dapat memberikan informasi kredibel dan bertanggung jawab dalam menyampaikan berbagai program pemerintah serta menyalurkan aspirasi masyarakat dengan baik.
 
Selepas menyandang status Ibu Kota Negara, Jakarta akan bertransformasi menjadi Kota Bisnis Berskala Global. Pemprov DKI Jakarta berharap, transformasi ini dapat berjalan baik dengan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan kota, termasuk insan pers.
 
"Pers bukan hanya menyampaikan informasi dan cerita, melainkan dapat menjadi pilar demokrasi yang mencerdaskan, mencerahkan, dan menjaga keutuhan bangsa di tengah perubahan. Semoga penyelenggaraan konvensi berlangsung dengan sukses. Selamat Hari Pers Nasional. Berjaya selalu seluruh insan pers tanah air," ujar Sigit.
 
Selain itu, memperingati Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2024, Pemprov DKI Jakarta mendukung kebebasan pers yang bebas, adil, dan bertanggung jawab, serta melindungi hak-hak wartawan.
 
Kegiatan bertema "Pers Mewujudkan Demokrasi di Era Digital" tersebut diinisiasi oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) sebagai upaya mempertemukan berbagai pemangku kepentingan pers, dari pengusaha media massa, pemerintah, hingga wartawan.
 
"Mewakili masyarakat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, saya mengucapkan terima kasih atas kehormatan yang telah diberikan kepada Jakarta untuk kembali menjadi tuan rumah rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional 2024," ucap Sigit.
 
Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan pers mempunyai peran penting dalam mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) agar selalu aman dan damai.
 
"Bagi seluruh rekan media, pers, semoga bisa mengawal NKRI ini terus, media bisa memberitakan kegiatan-kegiatan yang positif demi NKRI yang aman," kata Heru dalam sambutan pada Hari Pers Nasional di Jakarta, Jumat (9/2).
 
Heru berharap seluruh rekan media selalu dilancarkan dalam mendapatkan informasi maupun data terkait perkembangan dan isu-isu yang ada di Indonesia.
Baca juga: Heru: Pameran foto ANTARA jadi salah satu destinasi wisata dan belajar
Baca juga: Heru: Pers punya peran penting mengawal NKRI agar aman dan damai
Baca juga: Kemenag beri apresiasi kepada Lembaga Pers Mahasiswa PTKI

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024