Lanzhou (ANTARA) - Otoritas perkeretaapian Provinsi Gansu menyebutkan angin kencang dan hujan salju di Daerah Otonom Uighur Xinjiang memicu penangguhan pengoperasian 13 kereta penumpang tambahan pada Minggu (18/2).

Pengoperasian beberapa kereta reguler yang menghubungkan Urumqi, ibu kota Xinjiang, dengan sejumlah kota seperti Lanzhou, ibu kota Gansu, Chengdu, Chongqing, dan Kunming, turut terdampak.

Namun, semua layanan kereta cepat di jalur kereta cepat Lanzhou-Xinjiang saat ini masih beroperasi seperti biasa, menurut China Railway Lanzhou Bureau Group Co., Ltd.

Mengingat situasi saat ini, perusahaan perkeretaapian tersebut berencana meningkatkan kapasitas penumpang pada beberapa kereta cepat dari Lanzhou menuju Urumqi melalui penggandaan jumlah gerbong pada Senin (19/2) dan Selasa (20/2), sehingga menambah kapasitas dari 613 menjadi 1.226 penumpang.

Selain itu, sejumlah stasiun kereta di Lanzhou akan meningkatkan layanan reservasi mereka dan menerjunkan para sukarelawan untuk membantu penumpang lewat berbagai cara.

Pada Sabtu (17/2), pengoperasian 54 kereta penumpang ditangguhkan di Xinjiang akibat kondisi cuaca ekstrem. Dari Jumat (16/2) hingga Minggu, banyak lokasi di daerah itu dilanda badai salju, angin kencang, dan gelombang dingin.

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2024