Beijing (ANTARA) - Pesawat AG600M buatan China, yang merupakan model pemadam kebakaran dari keluarga pesawat amfibi berukuran besar AG600, telah menyelesaikan uji coba penerbangan cuaca dingin, ungkap Aviation Industry Corporation of China (AVIC).

Dua pesawat amfibi besar AG600M telah merampungkan misi uji coba penerbangan cuaca dingin di sebuah bandara di Distrik Hailar di Hulunbuir, Daerah Otonom Mongolia Dalam, China utara, kata AVIC, produsen pesawat terkemuka di negara itu.

Berlangsung sekitar dua pekan, putaran uji coba penerbangan kali ini dilaksanakan dalam lingkungan yang dingin dengan suhu berkisar mulai dari minus 20 hingga minus 40 derajat Celsius, yang menghadirkan suasana menantang untuk menilai performa pesawat itu di bawah suhu yang rendah, kondisi yang dingin dan membeku.

Rangkaian uji coba penerbangan cuaca dingin tersebut memverifikasi fungsi dan kinerja sistem utama pesawat AG600M, seperti tenaga, bahan bakar, kendali penerbangan serta avionik, dalam cuaca dingin, kata pihak pengembang, sembari menambahkan bahwa uji coba itu juga menilai kemampuan pemeliharaan pesawat pada suhu rendah.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024