Rakyat Indonesia saya imbau untuk pasca-pencoblosan menjaga ketertiban dan keamanan di tempat masing-masing, agar suasana pemilu setelahnya ini tetap damai dan kondusif
Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meminta segenap masyarakat Indonesia agar tetap menjaga suasana damai dan kondusif di Tanah Air usai melaksanakan pemungutan suara Pemilu 2024 pada 14 Februari lalu.
 
"Rakyat Indonesia saya imbau untuk pasca-pencoblosan menjaga ketertiban dan keamanan di tempat masing-masing, agar suasana pemilu setelahnya ini tetap damai dan kondusif," kata Dasco dalam video singkat sebagaimana dipantau melalui kanal YouTube TV Parlemen di Jakarta, Senin.
 
Ia menambahkan upaya menjaga suasana tetap damai dan kondusif itu diperlukan pula agar aktivitas masyarakat bisa berlangsung seperti sedia kala tanpa kericuhan, karena hasil penghitungan suara sementara yang dinilai tidak sesuai harapan pihak-pihak tertentu.

Baca juga: MUI ajak dai bersihkan residu perpecahan pasca-Pemilu 2024
 
Sementara itu dalam keterangan tertulisnya, anggota Komisi I DPR RI Ahmad Syaikhu mengapresiasi pelaksanaan Pemilu 2024 yang berlangsung tenang dan damai. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang telah menjalankan tugasnya dengan baik.
 
"Alhamdulillah, pemilu kali ini berjalan lancar dan aman. Ini menunjukkan bahwa rakyat Indonesia sudah dewasa dalam berdemokrasi. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah menggunakan hak pilihnya dan kepada KPPS yang telah bekerja keras," kata Syaikhu.

Baca juga: Timnas AMIN tunggu rekapitulasi suara akhir dari KPU
 
Ia lalu meminta masyarakat terus mengawal penghitungan suara hingga hasil akhir ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Ia juga menyampaikan agar penyelenggara pemilu serta aparat terkait bekerja dengan baik dan profesional dalam mengusut berbagai laporan kecurangan yang terjadi.
 
Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.
 
Sesuai Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai dengan 20 Maret 2024.

Baca juga: KPU klaim salah input Sirekap karena kesalahan manusia dan sistem

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024