Tebing setinggi puluhan meter di belakang perumahan longsor dan terus bergerak mendekati perumahan, sehingga warga yang terdiri dari 20 jiwa terpaksa diungsikan guna menghindari hal tidak diinginkan
Cianjur (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencatat enam Kepala Keluarga (KK) di Desa Gekbrong, Kecamatan Gekbrong, terpaksa diungsikan ke tempat aman karena rumah mereka terancam kena longsor.

Kepala Pelaksana BPBD Cianjur, Asep Sukma Wijaya di Cianjur Senin, mengatakan longsor terjadi Minggu (18/2) di kawasan Perum Bumi Tirta Nirwana, Desa Gekbrong, Kecamatan Gekbrong, setelah hujan turun deras dengan intensitas lebih dari dua jam.

"Tebing setinggi puluhan meter di belakang perumahan longsor dan terus bergerak mendekati perumahan, sehingga warga yang terdiri dari 20 jiwa terpaksa diungsikan guna menghindari hal tidak diinginkan," katanya.

Bahkan pihaknya meminta seluruh warga perumahan siaga dan waspada, serta segera mengungsi ketika melihat tanda alam terjadinya longsor susulan yang semakin mendekati perumahan, termasuk menyiagakan petugas dan relawan untuk membuat laporan setiap harinya.

Baca juga: Cianjur masih siaga bencana, warga & pengelola wisata diminta waspada

Petugas dan relawan segera melakukan evakuasi jika hujan kembali turun deras dengan intensitas tinggi, sehingga dapat memicu terjadinya longsor susulan yang mengancam keselamatan warga perumahan.

"Kami siagakan petugas dan relawan dibantu warga sekitar untuk memantau situasi, karena saat hujan kembali turun ditakutkan longsor semakin meluas dan mengancam keselamatan, agar dapat segera dilakukan evakuasi," katanya.

Asep menjelaskan saat ini pihaknya juga masih melakukan penanganan longsor lainnya yang terjadi di SDN Cisaat di Desa Cibokor, Kecamatan Cibeber, dimana Tembok Penahan Tanah di bawah di sekolah terbawa longsor sehingga menyebabkan pagar sekolah ambruk.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak sekolah dan dinas terkait yang masih melakukan pendataan sebelum melakukan penanganan, namun laporan sementara akibat longsor tidak terdampak ke perkampungan warga," katanya.

Baca juga: Dua rumah rusak tertimbun longsor di Cianjur, 40 orang mengungsi
Baca juga: Jembatan penghubung ke kantor KPU Cianjur ambruk tergerus longsor

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024