Pertemuan Tim Substansi hari ini juga sebagai pemantapan kesiapan Indonesia dalam penyusunan bahan posisi pemerintah dalam rangka menghadiri pertemuan The 1st G20 EWG Presidensi Brasil 2024
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah membentuk Tim Substansi Pemerintah RI untuk G20 Employment Working Group (EWG) yang akan mengoptimalkan eksistensi Pemerintah Indonesia dalam berbagai pertemuan EWG G20 tahun ini.

Menurut keterangan di Jakarta, Senin, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemnaker Anwar Sanusi berharap Tim Substansi G20 Kemnaker yang telah ditunjuk memiliki kualitas dan kapasitas, dapat bekerja secara sungguh-sungguh, dan mendukung dalam hal penyiapan substansi dan modalitas pemerintah selama Presidensi G20 Brasil tahun 2024.

"Pertemuan Tim Substansi hari ini juga sebagai pemantapan kesiapan Indonesia dalam penyusunan bahan posisi pemerintah dalam rangka menghadiri pertemuan The 1st G20 EWG Presidensi Brasil 2024," ujar Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi saat membuka rapat koordinasi di Jakarta, Senin.

Selain pertemuan pertama, dia juga berharap persiapan matang dilakukan untuk pertemuan-pertemuan selanjutnya hingga pertemuan tingkat menteri ketenagakerjaan para negara anggota G20.

Baca juga: Kemenaker: Sidang G20 EWG keempat sepakat atasi tiga isu prioritas

Anwar menambahkan berakhirnya Presidensi G20 India pada September 2023 dan dimulainya Presidensi G20 Brasil sejak 1 Desember 2023 sekaligus menandai berakhirnya Indonesia sebagai anggota Troika G20.

"Meskipun keanggotaan Indonesia sebagai Troika telah berakhir, kita tetap harus memastikan hasil pencapaian (expected outcome) Presidensi G20 Indonesia dapat dilanjutkan untuk diimplementasikan di Presidensi G20 Brasil, khususnya dalam bidang ketenagakerjaan," ujar Anwar Sanusi.

Pertemuan EWG G20 pertama akan dilakukan pada 20 Februari yang akan dilakukan secara virtual dan ditutup dengan pertemuan keempat 23-24 Juli 2024 di Fortaleza, Brasil.

Sementara itu pertemuan para menteri urusan ketenagakerjaan dan perburuhan negara-negara anggota G20 atau G20 Labour Employment Ministers' Meeting (LEMM) akan dilakukan pada 25-26 Juli 2024 di kota yang sama.

Baca juga: Kemnaker: Hasil EWG-DWG dapat disinergikan pulihkan negara berkembang
Baca juga: Dari Bali, dunia ketenagakerjaan diharapkan bangkit
Baca juga: Kemnaker: Beberapa negara G20 tertarik dengan konsep BLK Komunitas


Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024