Jakarta (ANTARA) - Peringkat para perempatfinalis Qatar Open pekan lalu melejit, salah satunya Naomi Osaka yang bermain lagi setelah cuti hamil musim ini.

Petenis berusia 26 tahun itu mendapatkan momentum dalam comeback-nya. 

Mantan petenis nomor satu dunia itu hanya memenangkan satu pertandingan dalam tiga turnamen pertamanya, namun mencapai perempat final Doha setelah menang meyakinkan atas Caroline Garcia dan Petra Martic.

Petenis Jepang juara Grand Slam empat kali itu pekan ini berada pada peringkat 286 dunia, melompat 461 tempat dari peringkat 747 pekan lalu, demikian catatan resmi WTA, Selasa.

Kenaikan peringkat juga dicatat Anastasia Pavlyuchenkova yang mencapai semifinal WTA 1000 pertamanya di Indian Wells 2009 dalam usia 17 tahun.

Baca juga: Swiatek kalahkan Rybakina untuk gelar Qatar Open ketiga berturut-turut

Lima belas tahun kemudian, dia mengalahkan Daria Kasatkina dan Marketa Vondrousova dalam perjalanan menuju  empat besar Doha yang  merupakan semifinal keduanya pada 2024.

Berada pada peringkat No.844 lebih dari setahun lalu saat mengayunkan lagi raket setelah sembuh dari operasi lutut, petenis berusia 32 tahun itu kini kembali masuk 30 Besar untuk pertama kalinya sejak Mei 2022.

Victoria Azarenka tiga pekan lalu keluar dari 30 Besar untuk pertama kalinya sejak Oktober 2022. Kemenangannya dalam perempat final di Doha atas Jelena Ostapenko membawanya ke peringkat 27.

Leylah Fernandez pada Juli lalu menempati  peringkat 95 dan terancam keluar dari 100 besar. Tapi sejak itu mantan runner-up US Open itu bangkit secara mengesankan.

Dia mengakhiri tahun 2023 dengan mencapai perempat final Guadalajara dan merebut gelar Hong Kong. Pekan lalu, dia mengalahkan Zheng Qinwen untuk mencapai perempat final Doha, yang keempat pada level WTA 1000 atau lebih tinggi, untuk menempati peringkat 33 dunia.

Baca juga: Swiatek atur pertemuan dengan Rybakina di final Qatar Open

Sehari setelah mengakhiri paceklik gelar selama empat tahun di Cluj-Napoca, Romania, Karolina Pliskova kembali ke lapangan di Doha. Mantan petenis peringkat satu dunia itu mengabaikan perjalanan antarbenua dan perubahan kondisi untuk melaju ke semifinal.

Tiga pekan lalu, dia keluar dari 50 Besar untuk pertama kalinya sejak Mei 2014. Setelah mencatat kemenangan beruntunnya dalam sembilan pertandingan, dia  kini menduduki peringkat 36.

Danielle Collins, yang mantan runner-up Australian Open, menjalani musim terakhirnya dalam tur dengan intensitas baru.

Sehari setelah kalah dalam perempat final Abu Dhabi dari Elena Rybakina, dia kembali ke lapangan kualifikasi Doha dan berjuang selama hampir tiga jam sebelum mengatasi Kimberly Birrell.

Collins akhirnya mencapai perempat final, dan kembali masuk 50 Besar untuk pertama kalinya sejak Oktober lalu.

Baca juga: Perjuangan Osaka dapatkan gelar di Qatar dihentikan oleh Pliskova
 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024