Harapannya ini bisa selesai sesuai timeline yang ada
Solo (ANTARA) - Pemerintah Kota Surakarta menyiapkan satu lagi objek wisata untuk masyarakat, yakni museum, sains, dan teknologi yang ada di Pedaringan, Kecamatan Jebres, Solo, Jawa Tengah.

"Harapannya ini bisa selesai sesuai timeline yang ada dan bisa menjadi destinasi baru kebanggaan warga Solo," kata Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka saat meninjau proyek yang didirikan oleh Tahir Foundation tersebut di Solo, Jawa Tengah, Selasa.

Ia mengatakan usai dibuka untuk fase satu diharapkan museum bisa jadi destinasi wisata edukasi untuk masyarakat.

"Juli ya, ini sambil jalan," katanya.

Pada kesempatan yang sama, pendiri Tahir Foundation Dato Sri Tahir berharap pembangunan secara keseluruhan bisa selesai hingga akhir tahun.

Dengan demikian, ia berharap dengan selesainya pembangunan tahap dua di akhir tahun, proyek secara keseluruhan dapat mulai dibuka untuk umum.

"Semua harus dikebut, semua kerja keras," katanya.

Ia mengaku sejauh ini cukup puas dengan progres pembangunan museum, sains, dan teknologi yang menelan anggaran hingga Rp600 miliar tersebut karena akan menjadi salah satu proyek besar kebanggaan warga Solo.

Mengenai proyek tersebut, dikatakannya, ada dua hal yang akan disegerakan, yakni ruang luar angkasa dan ruang purbakala.

"Yang luar angkasa ini kami sudah bicara sama China, akan di-support. Nah mengenai purbakala kami mau cari tulang yang besar. Jadi jelas ya visinya, kami tempatkan di Solo jadi bagus," katanya.


Baca juga: Pasar Jongke Solo dapat menampung lebih dari 1.500 pedagang
Baca juga: Menparekraf: Grebeg Sudiro jadi kegiatan KEN 2024 pertama yang digelar

 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024