Dengan pengalaman yang sudah kita lalui juga pengalaman dari semua karyawan KSP, saya optimistis target bisa dicapai bahkan bisa lebih tinggi lagi
Jakarta (ANTARA) - PT Krakatau Sarana Properti (KSP), cucu BUMN PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, menerapkan model bisnis baru yakni menggunakan skema pembebasan, sertifikasi, land development, penjualan, dan persewaan lahan kawasan industri menjadi bisnis dalam menghadapi tantangan di 2024.

"Perubahan model bisnis ini merupakan turunan dari restrukturisasi besar di perusahaan yang sudah dimulai sejak empat tahun lalu. Ini adalah keniscayaan karena kondisi yang saat ini tengah dihadapi perusahaan," kata Direktur Utama Krakatau Sarana Properti Iip Arief Budiman dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Dalam rapat kerja dan anggaran perusahaan di Bogor, Jabar, yang mengusung tema"Building Resilience Through Creativity, Innovation, and Collaboration", dia mengatakan pihaknya akan maksimalkan semua potensi yang bisa diraih dengan kondisi yang ada saat ini untuk mencapai target pemasukan.

Iip menambahkan model bisnis baru pergudangan, pengelolaan kawasan industri, persewaan lahan utilitas, golf dan sport center dan transmart menjadi bisnis KSP. Untuk bisnis gudang, hotel, transmart, dan aset lainnya akan diatur dalam suatu perjanjian sewa-menyewa.

"KSP harus terus bergerak agar tidak dilindas oleh perubahan zaman. Ada dua konsekuensi dari keputusan untuk bergerak yaitu gagal atau berhasil. Keberhasilan ada di tangan kita dan bukan di tangan orang lain. Karena itu, saya optimistis dengan semua aset organisasi dan juga SDM yang dimiliki saat ini, KSP bisa mencapai target pemasukan seiring penerapan model bisnis baru ini," ungkapnya.

Untuk bisa mencapai target, ia menambahkan ada strategi yang harus diciptakan salah satunya adalah dengan menetapkan backbone revenue bagi KSP.

"Pengelolaan kawasan masih akan jadi generated revenue yang signifikan, tapi di luar kita dorong bisnis lain seperti sport center, optimalisasi asset yang idle, diversifikasi bisnis yang dikembangkan, sehingga menciptakan potensi pendapatan baru," jelasnya lagi.

Direktur SDM dan Keuangan Krakatau Sarana Properti Gersang Tarigan menambahkan perusahaan akan menghadapi tantangan dan juga turbulensi yang luar biasa pada tahun ini. Namun, pengalaman tahun lalu menunjukkan bahwa KSP berhasil melewati masa-masa sesulit apa pun.

"Dengan pengalaman yang sudah kita lalui juga pengalaman dari semua karyawan KSP, saya optimistis target bisa dicapai bahkan bisa lebih tinggi lagi. Kalau kita lihat di Januari lalu, pemasukan cukup bagus dan ini menjadi sebuah fondasi yang bagus bagi kita untuk terus melangkah," ujarnya.

Gersang juga mengungkapkan KSP harus terus melakukan inovasi dan pengembangan pasar agar bisa terus tumbuh dan berkembang. Selain itu, produk juga harus dikembangkan untuk bisa mendapatkan revenue.

Baca juga: PT Krakatau Sarana Properti berencana ekspansi bisnis ke IKN
Baca juga: PT Krakatau Sarana Properti tanam 100 pohon
Baca juga: Krakatau Properti berencana bangun kawasan industri di luar Cilegon

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024