Jakarta (ANTARA) - PP Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) melakukan penyegaran pemain dalam membentuk skuad Timnas Basket 3x3 yang diisi oleh pebasket usia muda yang bertujuan untuk regenerasi.

"Terkait pemain muda yang kita andalkan, karena tekad kuat untuk regenerasi di timnas. Setelah di 5 on 5, kini regenerasi dilakukan di 3x3," kata Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Nirmala mengatakan alasan memilih para pemain muda karena mereka bisa lebih matang dalam beberapa kejuaraan nanti. 

Dia menyebut Timnas 3x3 akan mengikuti beberapa kompetisi level internasional.

"Karena target kita jika 3x3 terus diberikan kesempatan bermain, sangat terbuka mengintip peluang lolos Olimpiade 2028,' kata Nirmala.

Alasan lain pemilihan pemain berusia muda juga karena skuad Timnas Basket 3x3 ini dipersiapkan untuk jangka panjang.

Perbasi telah memanggil enam nama untuk pemusatan latihan Timnas Basket 3x3 Putra dan Putri.

Baca juga: Perbasi persiapkan skuad untuk FIBA 3x3 Asia Cup 2024

Untuk Timnas 3x3 Putra, ada Serigne Modou Kane, Erick Ibrahim Junior (Dewa United), Muhammad Daffa Shaldy (Devils Medan), Muhammad Naufal Alifiq (BBM CLS Knights), Yogi Saputra Chan (Amartha Hangtuah), dan Muhammad Ivan Rizky Ramdani dari Sulawesi Selatan.

Sedangkan pada kategori putri ada Jesslyn Angelique Aritonang dari Jawa Timur. Lalu ada Adelaide Callista Wongsohardjo (GMC Cirebon), Faizzatus Shoimah (GMC Cirebon), Tasya Hery Saputera (CLS Surabaya), Angelica Jennifer Chandra (Mataram Yogyakarta), dan Lea Elvensia Wolobubo Kahol (Surabaya Fever).

Untuk menangani dua tim ini, Perbasi menunjuk satu pelatih, yaitu Fandi Andika Ramadhani.

Dia akan menangani Timnas Basket 3x3 Putra sekaligus tim putri. Pelatih yang akrab disapa Rama itu menangani Timnas 3x3 Putra dalam SEA Games 2023 di Kamboja.

Perbasi juga menunjuk Dwi Prasetiyono sebagai asisten pelatih dan Rizky Julian Rifai sebagai manajer operasional.

Menurut Rizky, persiapan Timnas Basket 3x3 dilakukan sedini mungkin dan dipilih pemain berusia muda untuk menjalani pelatihan jangka panjang.

"Kami ingin, ke depan, 3x3 berbicara banyak di level internasional. Karena itu, kami siapkan sejak sekarang agar tim muda ini bisa menunjukkan kualitasnya di masa mendatang. Target kita bisa menembus Olimpiade 2028," kata Rizky.

Baca juga: Perbasi kirim bakat-bakat muda bertinggi minimal 180 cm ke Lithuania
 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024