Madrid (ANTARA) - China siap bekerja sama dengan Spanyol untuk mendorong dialog dan kerja sama antarasemua negara, mengatasi perbedaan, dan bersama-sama membangun komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia untuk menghadapi tantangan global dengan lebih baik, kata Menteri Luar Negeri China Wang Yi pada Senin (19/2).

Wang, yang juga Anggota Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC), menyampaikan pernyataan tersebut saat bertemu dengan Raja Spanyol Felipe VI.

Felipe VI meminta Wang menyampaikan salam tulusnya kepada Presiden China Xi Jinping, mengatakan bahwa 50 tahun lalu, ayahnya dan para pemimpin China saat itu bersama-sama menjalin hubungan diplomatik antara kedua negara.

"Selama 50 tahun terakhir, Spanyol dan China menikmati perkembangan yang pesat, kemajuan yang mulus dalam kerja sama praktis dan pertukaran personel yang lebih erat," katanya.

Menurut Raja Spanyol, hubungan baik dengan China sangat penting bagi Spanyol, Eropa, dan dunia. Ia juga menyebut bahwa Spanyol ingin menjajaki lebih jauh bidang kerja sama baru dengan China.

"Di dunia yang bergejolak saat ini dengan konflik yang masih terus terjadi, visi penting yang diusulkan oleh Presiden Xi seperti pembangunan komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia dan Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra (Belt and Road Initiative/BRI), telah membawa perdamaian, pembangunan, dan harapan bagi dunia," kata Felipe VI.

China diperkirakan dan diyakini akan semakin mengerahkan pengaruh penting dan positifnya sebagai negara besar untuk meredakan ketegangan dan membawa stabilitas di dunia yang bergejolak, katanya.

Wang juga menyampaikan salam dari Presiden Xi kepada Raja Felipe VI, mengatakan bahwa tahun lalu, kedua kepala negara saling bertukar pesan ucapan selamat atas peringatan 50 tahun hubungan diplomatik antara China dan Spanyol dan membuat panduan strategis untuk hubungan bilateral.

Di tengah perubahan yang kompleks dan mendalam dalam lanskap internasional, yang tetap tidak berubah adalah persahabatan mendalam antara China dan Spanyol serta tradisi saling menghormati dan percaya, perlakuan yang setara, dan kerja sama yang saling menguntungkan, katanya.

China, tutur Wang, menghargai kebijakan bersahabat dari keluarga kerajaan Spanyol, mendukung upaya Spanyol untuk menjaga persatuan nasional dan solidaritas etnis, dan dia yakin kedua belah pihak akan terus memahami dan mendukung satu sama lain dalam isu-isu yang berkaitan dengan kepentingan inti masing-masing.

China siap bekerja sama dengan Spanyol untuk memajukan persahabatan, menyinergikan strategi pembangunan, memperdalam kerja sama yang saling menguntungkan, dan terus mendorong perkembangan hubungan bilateral yang sehat dan stabil, imbuhnya.

Di bawah kepemimpinan Presiden Xi, China secara komprehensif memajukan modernisasi masyarakat China dengan pembangunan berkualitas tinggi, kata Wang.

Kemajuan 1,4 miliar lebih masyarakat China menuju modernisasi merupakan langkah maju yang besar bagi peradaban manusia, dan juga akan membawa peluang penting bagi dunia, papar Wang, mencatat bahwa sejarah telah membuktikan dan akan terus membuktikan bahwa pembangunan China semakin memperkuat upaya dunia untuk perdamaian dan stabilitas.

Wang mengatakan China dan Spanyol memiliki sejarah yang panjang, budaya yang beragam, dan masyarakat yang inklusif, serta memiliki pandangan yang sama atau serupa mengenai isu-isu utama. China siap bekerja sama dengan Spanyol untuk mendorong dialog dan kerja sama antara semua negara, mengatasi perbedaan dan bersama-sama membangun komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia untuk menghadapi tantangan global dengan lebih baik, imbuhnya.

Dalam kunjungan tersebut, Wang secara terpisah juga bertemu dengan Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez dan Menteri Luar Negeri Jose Manuel Albares. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024