Beritakan-lah fakta-fakta apa adanya, tapi bukan mengada-ada, bukan asumsi-asumsi, bukan seolah-olah ada
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada seluruh insan pers di tanah air untuk menjadi penjaga pilar demokrasi serta terus berinovasi dalam merespons perkembangan zaman.

"Saya ingin titip dua pesan, pertama pers harus tetap menjadi salah satu pilar penjaga demokrasi, pers harus menjadi rumah bersama untuk menjernihkan informasi," kata Presiden Jokowi saat berpidato dalam acara Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Jakarta, Selasa.

Ia mendorong insan pers untuk terus berkarya melahirkan berbagai produk jurnalisme sesuai fakta.

"Beritakan-lah fakta-fakta apa adanya, tapi bukan mengada-ada, bukan asumsi-asumsi, bukan seolah-olah ada," ujarnya.

Baca juga: Presiden Jokowi ucapkan selamat HPN 2024 kepada seluruh insan pers

Baca juga: Jokowi minta kementerian prioritaskan belanja iklan untuk pers

Baca juga: Jokowi: Perpres "Publisher Rights" bukan untuk kurangi kebebasan pers


Pesan kedua disampaikan Presiden kepada seluruh industri pers di Indonesia agar mempraktikkan beragam langkah konkret strategis dalam berinovasi.

Presiden optimistis dengan praktik tersebut industri media massa dapat lebih adaptif dalam merespons perubahan zaman yang terjadi.

"Saya sangat berharap perusahaan pers dapat memikirkan langkah-langkah konkret strategis, terus melakukan inovasi agar adaptif dalam merespons perubahan zaman, mampu berdiri tegak secara mandiri di tengah gempuran persaingan global," ujarnya.

Puncak Peringatan HPN 2024 yang berlangsung di Econventional Hall Ecopark Ancol, Jakarta, sore ini mengangkat tema "Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa".

Turut mendampingi Presiden dalam agenda tersebut di antaranya Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, serta Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024