Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) mengikuti pameran pendidikan bertaraf internasional, Indonesia International Education and Training Expo (IIETE) 2024, untuk memberikan informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI Amelita Lusia di Depok, Selasa, mengatakan kehadiran UI pada pameran berskala internasional di Jakarta ini sebagai langkah mempertemukan UI dan mereka yang tertarik melanjutkan kuliah di UI.

Ia mengatakan ajang seperti ini dipergunakan UI untuk menyosialisasikan informasi terbaru mengenai program pendidikan, jalur masuk, informasi beasiswa, serta hal-hal yang terkait dengan kehidupan kampus.

UI terus berupaya mengoptimalkan penyebarluasan informasi, baik secara langsung, tatap muka, maupun berbagai platform media sosial untuk menjangkau pemerataan informasi tentang UI kepada siswa, guru, dan orang tua di Indonesia.

Selama empat hari berturut-turut pada 22-25 Februari 2024, UI menghadirkan seluruh fakultas, sekolah, dan program pendidikan vokasi di Hall B Jakarta Convention Center (JCC).

Bagi masyarakat umum, terutama siswa SMA dan sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, stan UI menyediakan informasi dari jenjang pendidikan vokasi hingga pascasarjana dan doktoral.

Perwakilan dari fakultas-fakultas akan hadir dan menjelaskan mulai dari sistem penerimaan, jurusan-jurusan di UI, hingga biaya kuliah.

Stan UI juga akan memberikan informasi tentang Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dari Kemendikbudristek, di antaranya Micro Credential, Student Exchange, Internship, Teaching Assistance, Research, Humanity Projects, Entrepreneurship Activities, Independent Study, Village Development.

Baca juga: Kedubes Inggris gandeng Unud pameran kampus top, gaet pelajar di Bali

UI juga memiliki Program Pre-University yaitu program bagi siswa dan siswi SMA/SMK/gapyear yang ingin melanjutkan ke jenjang sarjana dengan mengikuti kegiatan perkuliahan secara daring.

"Begitu diterima sebagai mahasiswa UI, siswa akan memperoleh pengakuan mikro-kredensial melalui sistem credit-earning/satuan kredit semester (SKS), untuk selanjutnya menyelesaikan sisa SKS studinya,” kata Amelita.

Melalui program-program yang disajikan, UI turut mendukung calon mahasiswa baru dalam menemukan jalur pendidikan yang sesuai dengan minat dan potensi diri untuk membangun karir.

Upaya ini dilakukan sebagai upaya UI meningkatkan transformasi pendidikan di Indonesia dengan memberikan kesempatan lebih luas dan beragam kepada generasi masa depan untuk mengembangkan diri secara berkelanjutan.

Selain itu, dengan adanya penambahan daya tampung di Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024, diharapkan pameran pendidikan ini tidak hanya menjadi platform untuk menyebarkan informasi yang bermanfaat, tetapi juga menjadi sumber motivasi bagi calon mahasiswa baru untuk mengejar pendidikan tinggi.

"Kami berkomitmen mendorong potensi mereka untuk berkembang dalam meraih kesuksesan akademik dan profesional," ujar dia.

IIETE 2024 adalah pameran pendidikan tinggi terbesar dan terlengkap di Indonesia yang diadakan sejak 1992. Pameran pendidikan ini diikuti oleh perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan mancanegara di mana setiap tahun sekitar 25.000 pengunjung hadir selama empat hari pelaksanaan pameran.

Baca juga: Mahasiswa UNY pamerkan ratusan teknologi pembelajaran interaktif
Baca juga: Pemprov Sulsel dan Turki gelar pameran pendidikan di Makassar
Baca juga: Unair dan TETO kerja sama gelar pameran pendidikan

Pewarta: Feru Lantara
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024