Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi dua produk yang sedang dikembangkan oleh PT Dirgantara Indonesia (PT DI), yakni pesawat N219 dan Vela Alpha.

Menhub mengunjungi stan pameran PT DI di Singapore Airshow 2024, Changi, Singapura, Selasa.

“Saya mengapresiasi PT DI yang telah melanjutkan pengembangan pesawat N219 versi dasar menjadi versi amphibious pada awal tahun ini. Terlebih lagi, pesawat tersebut konten lokalnya sudah hampir 45 persen," kata Menhub melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Menhub mengatakan.pesawat N219 pada prinsipnya dapat mendukung pembangunan konektivitas dan aksesibilitas di daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP).

Pesawat itu mempunyai kemampuan short take off landing di landasan yang panjangnya kurang dari 800 meter dan tidak beraspal.

"Adapun terkait pemanfaatannya, pesawat jenis tersebut dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari mengangkut penumpang, logistik, evakuasi medis hingga dokter terbang," ungkap Menhub

Ia mengharapkan agar produksi pesawat tipe tersebut terus ditingkatkan sehingga memberikan dampak pertumbuhan terhadap ekosistem industri dalam negeri, termasuk industri daerah, salah satunya dalam hal pengoperasian maupun kegiatan pemeliharaan pesawat.

Selain itu, Menhub juga menyambut baik pengembangan mobil terbang perkotaan Vela Alpha oleh PT DI yang bekerja sama dengan Vela.

Apalagi, kata dia, PT DI saat ini sedang mengajukan uji laik terbang kepada Direktorat Kelaikudaraan & Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kemenhub untuk armada tersebut.

"Semoga proses pengajuan uji laik terbang untuk Vela Alpha dapat berjalan dengan lancar," ujar Menhub.

Vela Alpha sendiri berbentuk mirip drone besar dengan satu pilot dan empat penumpang. Mobil terbang tersebut cocok jadi taksi udara yang beroperasi di kota besar.

Di sela-sela acara Singapore Airshow 2024, Menhub juga sempat bertemu dan berbincang dengan Presiden Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) Salvatore Sciacchitano.

Menhub mengharapkan kolaborasi dan sinergi antara Indonesia dan ICAO dapat terus ditingkatkan.

Baca juga: Indonesia dan Jepang perkuat kerja sama sektor transportasi

Baca juga: Menhub tekankan pentingnya seluruh aspek keselamatan penerbangan

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024