sudah seharusnya lembaga pendidikan termasuk perguruan tinggi ketika menjadi besar itu lebih memunculkan wajah sosialnya
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta perguruan tinggi untuk mengedepankan 'wajah' sosialnya, bukan komersial.

"Karena sudah seharusnya lembaga pendidikan termasuk perguruan tinggi ketika menjadi besar itu lebih memunculkan wajah sosialnya bukan wajah komersialnya," ujar Muhadjir dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Pernyataan Muhadjir tersebut disampaikan saat memberikan sambutan dalam acara sosialisasi pinjaman biaya pendidikan dan penandatanganan kerja sama Universitas Gunadarma dengan Bank DKI Jakarta di Kampus F Universitas Gunadarma Depok, Jawa Barat.

Muhadjir menyambut baik program kerja sama antara Universitas Gunadarma dengan Bank DKI Jakarta terkait Pinjaman Biaya Pendidikan (Student Loan).

Muhadjir berharap program pinjaman biaya pendidikan tersebut dapat membantu para mahasiswa terkait biaya pendidikan dan secara umum dapat meningkatkan kapasitas masyarakat untuk dapat mengenyam pendidikan tinggi.

Baca juga: Tanggapi isu bayar UKT pakai pinjol, Sri Muyani siapkan "student loan"
Baca juga: Tiga tekfin ini tawarkan "student loan"


Ia juga menyebut Universitas Gunadarma merupakan salah satu perguruan tinggi besar yang lebih mengedepankan kepada karakter korporasi yang berwajah sosial.

"Ini bisa menjadi contoh bagi perguruan tinggi lainnya," kata Muhadjir.

Ia juga mengajak seluruh civitas akademika untuk terus berbagi hal-hal positif kepada lingkungan sekitarnya, sehingga dampak baiknya dapat terus dirasakan secara berkesinambungan.

"Marilah kita semua yang hadir di sini dapat menebar kebaikan kepada siapapun dan jangan pernah lelah berbagi kebajikan kepada sesama," kata Muhadjir.

Baca juga: Pendidikan anak terkendala biaya? atasi saja dengan pinjaman online
Baca juga: UGM akan evaluasi kerja sama pinjaman daring untuk pembayaran UKT
Baca juga: Danacita sebut layanan pendanaan hanya salah satu opsi untuk bayar UKT

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024