Pemprov DKI Jakarta menggandeng pihak swasta dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) seperti Pasar Jaya, Dharma Jaya, dan Food Station Tjipinang dalam penyelenggaraan sembako murah
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan ketersediaan stok sembako hingga Lebaran aman dan terkendali melalui kegiatan sembako murah di seluruh wilayah Ibu Kota.
 
"Setiap kelurahan kami lakukan sembako murah. Ini  agar pihak pemangku kepentingan terkait (stakeholders),  pengusaha, dan warga mampu bisa meniru ini, memberikan sembako murah kepada masyarakat. Sembako murah kita bikin bersama-sama  sampai dengan Lebaran," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono usai melakukan kunjungan sembako murah di Kantor Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, Rabu.
 
Heru menyebut Pemprov DKI Jakarta menggandeng pihak swasta dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) seperti Pasar Jaya, Dharma Jaya, dan Food Station Tjipinang dalam penyelenggaraan sembako murah. Selain Kantor Kecamatan Palmerah, sebelumnya Heru telah mengunjungi kegiatan sembako murah di Kantor Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.
 
"Tadi di Tanah Abang 1.000 sembako murah, ada Dharma Jaya menjual ayam, telor, semuanya dengan harga murah. Sekarang ini, kita berada di Palmerah, ada 2.000 paket sembako murah. Warga membeli dengan satu paket di luar Rp130 ribu, di kantor kecamatan ini dijual satu paket Rp100 ribu," ujar Heru.
 
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melakukan kunjungan sembako murah di Kantor Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (21/2/2024). ANTARA/Siti Nurhaliza

Adapun paket sembako murah ini seharga Rp100.000 berisi beras lima kilogram, gula pasir satu kilogram, minyak goreng dua liter dan tepung terigu satu kilogram.
 
Untuk bahan pangan eceran yang disediakan, yaitu empat kilogram beras premium Rp50.000, dua liter minyak goreng Rp25.000, satu kilogram gula pasir Rp15.000 dan tujuh bungkus mi Rp10.000.
 
Heru turut berterima kasih kepada Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma, Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto, Kapolres setempat, Kejaksaan Negeri (Kejari), dan seluruh jajaran di Kota Administrasi Jakarta yang turut mendukung terselenggaranya sembako murah.
 
"Tadi sudah disepakati titiknya terserah pak Kejari dan pak Kapolres. Yang berikutnya menandakan kehadiran Pemda menjelang puasa sampai Lebaran," ujar Heru.
 
Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan pasokan sembako murah yang didistribusikan untuk masyarakat Jakarta, masih cukup.
 
"Saya tadi meninjau pelaksanaan program sembako murah, terlihat warga yang antusias dan senang atas adanya program ini. Kami juga mengupayakan dan memastikan pasokan sembako cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," kata Heru di Jakarta Timur, Rabu (31/1).
Baca juga: Pemkot Jakarta Utara jual daging murah di Program Sembako Murah
Baca juga: Jakarta Utara gelar sembako murah untuk tekan inflasi jelang Ramadhan
Baca juga: KPKP DKI tambah komoditas daging pada bazar murah jelang Ramadhan

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024