Jakarta (ANTARA) - Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di lima kota se-Indonesia mendapatkan pelatihan khusus tentang optimalisasi bisnis sehingga mampu menghadapi permintaan yang meningkat menjelang bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah.

Pelatihan tersebut diselenggarakan J&T Cargo bekerja sama dengan komunitas UMKM seperti Tangan Di Atas (TDA) di regional daerah, sehingga dapat mengoptimalkan peluang bisnis yang ada selama bulan Ramadhan dan mampu meraih kesuksesan dalam mengembangkan usaha mereka. Pelatihan tersebut bertajuk Roadshow Winning Ramadhan.

“Kami mengajak UMKM agar efektif untuk mengelola bisnis selama momen Ramadhan, memanfaatkan momen puncak ini untuk memperluas jangkauan pasar agar meningkatkan profit bisnis mereka. Kami turut senang dapat memfasilitasi UMKM,” kata CEO J&T Cargo Jonathan Zhong dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Pemprov DKI fasilitasi pelatihan teknik digitalisasi bagi UMKM

Zhong menyebut Roadshow Winning Ramadan J&T Cargo hadir di lima kota, mulai Bandung, Semarang, Pekalongan, Yogyakarta, dan Malang. Pelatihan tersebut telah dimulai sejak Januari dan akan berlanjut hingga Maret 2024, seiring dengan potensi pengiriman beragam produk selama Ramadhan.

“Daya beli masyarakat mengalami peningkatan menjelang Ramadhan, maka dari itu J&T Cargo menyelenggarakan roadshow Winning Ramadan untuk mempersiapkan pelaku UMKM agar dapat mengoptimalkan bisnisnya,” ucap Zhong.

Sebagai penyedia layanan pengiriman yang fokus dengan volume besar, lanjut Zhong, edukasi tentang industri pengiriman menjadi hal yang penting untuk dibagikan kepada pelaku UMKM, terutama menghadapi momen puncak Ramadhan yang mayoritas dominasi seperti industri fesyen, kecantikan, dan kuliner.

“Dalam roadshow ini kami juga menghadirkan beberapa narasumber ahli dari industri yang relevan untuk memberikan wawasan, materi (kepada pelaku UMKM),” jelas Zhong.
​​​​​​​
Zhong menambahkan bahwa kegiatan yang dilakukan pihaknya menjadi momen untuk menjalin silaturahmi antar pelaku ekosistem bisnis. Materi yang disajikan pada pelatihan meliputi strategi pemasaran melalui media sosial, tips penawaran promo dan diskon untuk produk UMKM selama Ramadhan.

Baca juga: Sumut beri pelatihan digitalisasi guna tingkatkan UMKM

Selain itu, mencakup manajemen stok barang dan peningkatan kualitas layanan, dan tips distribusi barang komoditas dalam jumlah besar, termasuk pemilihan jasa pengiriman/logistik yang tepat selama Ramadan.

“Hingga kini, layanan pengiriman J&T Cargo telah menjangkau 98 persen wilayah di Indonesia dengan sejumlah 3337 outlet, 98 gateway dan 2500 armada yang akan membantu proses distribusi barang pada momen puncak Ramadhan tahun ini,” demikian kata Zhong.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024