kita ingin Kementerian ATR/BPN profesional melayani dan terpercaya
Jakarta (ANTARA) - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Agus Harimurti Yudhoyono menilai kementerian yang kini dipimpinnya strategis dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Beliau (Hadi Tjahjanto) menyampaikan bahwa Bapak Wakil Menteri Raja Juli Antoni beserta jajaran pejabat teras Kementerian ATR/BPN ini juga siap untuk bekerja sama semuanya karena ada target-target pencapaian termasuk bagaimana kita menuntaskan target 120 juta bidang tanah, program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), sertifikasi elektronik, isu-isu sengketa yang masih tersisa termasuk juga bagaimana kementerian yang strategis ini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan," ujar Agus Harimurti Yudhoyono di Jakarta, Rabu.

Agus Harimurti Yudhoyono atau akrab disapa AHY menambahkan bahwa hal tersebut tidak bisa dilakukan sendiri. Dengan kepastian hukum di bidang tata ruang termasuk juga tanah yang disiapkan untuk pembangunan maka memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para investor baik domestik dan luar negeri.

"Sehingga terjadi pertumbuhan ekonomi, membuka lapangan pekerjaan, meningkatkan penghasilan dan seterusnya, termasuk tentu ini urusan keadilan di mana beliau menyampaikan kita harus tegas, kita harus menghadapi siapa saja yang melawan hukum, kita ingin Kementerian ATR/BPN profesional melayani dan terpercaya. Ini yang menjadi moto dan mudah-mudahan menjadi kekuatan," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, AHY menyampaikan terima kasih kepada Menteri ATR/Kepala BPN periode 15 Juni 2022 - 21 Februari 2024 Hadi Tjahjanto yang saat ini diberikan tugas dan amanah baru oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam).

"Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak Presiden RI Joko Widodo yang sudah memberikan kepercayaan dan amanah kepada kami untuk masuk ke pemerintahan sebagai Menteri ATR sekaligus Kepala BPN. Saya juga secara khusus mengucapkan terima kasih kepada Bapak Hadi Tjahjanto yang selama ini memimpin Kementerian ATR/BPN dengan luar biasa sekaligus mengucapkan selamat semoga bapak sukses dalam menjalankan tugas yang baru sebagai Menkopolhukam," katanya.

Dirinya juga menyampaikan terima kasih telah disambut dengan begitu terhormat di Kementerian ATR/BPN oleh Wamen ATR/Wakil Kepala BPN Raja Juli Antoni dan para pejabat teras Kementerian ATR/BPN yang membuat AHY semakin bersemangat.

"Semoga di 8 bulan terakhir ini saya bisa meneruskan apa yang beliau telah rintis dan jalankan dengan baik, dan kalau ada hal-hal yang perlu saya konsultasikan maka saya akan meminta masukan dan pandangannya. Insya Allah saya akan belajar cepat, mudah-mudahan tidak mengecewakan karena kami sekali lagi ingin berkontribusi," kata AHY.

Presiden RI Joko Widodo sebelumnya menegaskan dirinya tidak ragu memberikan posisi Menteri ATR/Kepala BPN kepada AHY.

Presiden menjelaskan bahwa Agus Harimurti merupakan Ketua Umum Partai Demokrat. Selain kariernya di bidang politik, Presiden juga menyoroti pendidikan AHY di akademi militer dan nonmiliter.

Presiden Jokowi melantik AHY sebagai Menteri ATR/Kepala BPN untuk menggantikan Hadi Tjahjanto, pejabat sebelumnya yang dilantik sebagai Menkopolhukam.

Pelantikan Hadi dan AHY itu dilakukan secara bersamaan sesuai Keputusan Presiden Nomor 34 P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024 yang ditetapkan Presiden Joko Widodo pada 20 Februari 2024.


Baca juga: AHY siap tuntaskan "pekerjaan rumah" Kementerian ATR/BPN
Baca juga: Jokowi targetkan tiga hal untuk AHY setelah dilantik Menteri ATR
Baca juga: Agus Harimurti Yudhoyono, tokoh muda yang ditugaskan jabat Menteri ATR

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024