Saya pikir beliau sudah paham betul apa yang harus dikerjakan ....
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menilai Hadi Tjahjanto yang baru saja dilantik sebagai Menko Polhukam paham untuk menjaga situasi politik dan keamanan tetap kondusif.

"Saya pikir beliau sudah paham betul apa yang harus dikerjakan di dalam rangka tentu menjaga politik dan keamanan supaya tetap kondusif," kata Wapres Ma'ruf saat ditemui usai memimpin Rapat Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia di Gedung Pusat MUI, Jakarta, Rabu.

Wapres mengatakan bahwa sosok Hadi Tjahjanto yang memimpin Kemenko Polhukam adalah "orang lama", mengingat Hadi pernah menjabat sebagai Panglima TNI periode 2017—2021.

Sementara itu, Wapres juga berharap Agus Harimurti Yudhoyono atau akrab disapa AHY yang kini menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional dapat meneruskan pekerjaan yang sudah dilakukan oleh Hadi Tjahjanto.

Wapres berharap agar AHY dapat meneruskan program yang sudah dijalankan Hadi Tjahjanto, pejabat sebelumnya, agar tidak ada mafia tanah, kasus sertifikat ganda, sengketa tanah, dan lainnya.

"Untuk Menteri Agraria, memang banyak masalah agraria yang selama ini memang dilaksanakan oleh Menteri Agraria yang sekarang menjadi Menko Polhukam itu supaya diteruskan," kata Wapres.

Adapun Presiden Joko Widodo melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, serta Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Istana Negara, Jakarta, Rabu.

Pelantikan Hadi dan AHY itu secara bersamaan sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 34 P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019—2024, yang ditetapkan Presiden Joko Widodo di Jakarta, tanggal 20 Februari 2024.

Dalam kesempatan itu, Hadi dan AHY menjalani pengambilan sumpah jabatan yang dipandu Jokowi.

Baca juga: AHY tekankan ingin hadirkan kepastian hukum terkait pertanahan
Baca juga: Menteri ATR/Kepala BPN AHY lanjutkan kebijakan gebuk mafia tanah

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024