Batam (ANTARA) - Bakamla RI berhasil mengevakuasi kebakaran yang terjadi pada KM Alexindo 8 berbendera Indonesia di perairan Batuampar, Kota Batam, Kepulauan Riau, dengan menggunakan KN Ular Laut-405 dan Catamaran 508.

Pranata Humas Ahli Muda Bakamla RI Kapten Bakamla Yuhanes Antara dalam keterangan yang diterima di Batam, Rabu, mengatakan bahwa mulanya Catamaran 508 yang sedang melaksanakan Patroli Garda Nusa II di sekitar Perairan Selat Singapura mendapatkan informasi dari Vessel Traffic Service (VTS) bahwa telah terjadi insiden kebakaran pada KM Alexindo 8 pukul 14.30 WIB.

Berdasarkan hasil keterangan yang diberikan oleh nakhoda KM Alexindo 8 Joko Sampir, kata dia, kebakaran terjadi karena korsleting arus listrik di dapur yang langsung diketahui oleh koki kapal.

"Melihat hal itu, koki tersebut segera berteriak kebakaran dan segera seluruh kru kapal membawa APAR. Namun, karena api terlalu cepat menyebar, awak kapal tidak bisa mengatasi kebakaran tersebut," kata Yuhanes

Atas kejadian tersebut, kepala kamar mesin (KKM) mematikan mesin genset dan menutup pintu kamar mesin, kemudian seluruh awak keluar kapal.

"Kapten kapal segera menghubungi kapal terdekat, Catamaran 508 milik Bakamla RI. Mengetahui hal tersebut, pihak Bakamla RI segera menuju koordinat untuk mengevakuasi kapal tersebut," ujar dia.

Hasil evakuasi terdapat korban berjumlah 15 orang dengan seorang mengalami luka bakar ringan dan tidak ada korban jiwa.

Dikatakan oleh Yuhanes bahwa pemadaman dilakukan oleh KN Ular Laut-405 milik Bakamla RI, KRI Bubara-868 milik TNI AL, dan TB Megamas Sky.

"Pada patroli keselamatan ini, pihak yang terlibat meliputi Bakamla RI, TNI AL, Polri, dan Basarnas," demikian Yuhanes.

Baca juga: SAR Timika: KM Bayu Sentosa 3 terbakar di perairan Amar
Baca juga: Tim SAR siapkan personel evakuasi korban kapal wisata terbakar

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024