Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas meminta Plt Kepala LAN M Taufiq mempercepat langkah transformasi di lingkungan Lembaga Administrasi Negara(LAN). 

“Sudah waktunya LAN bergerak out of the box untuk memenuhi harapan Presiden. Terlebih dengan Undang-Undang ASN yang baru, ke depannya LAN perlu ada transformasi, khususnya dalam pengembangan talenta ASN,” kata Anas dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Menurutnya, LAN sebagai leading sector yang memotori pendidikan dan pelatihan insan pemerintahan diharapkan dapat terus mengakselerasi mutu program pengembangan kompetensi ASN.

“Ini perlu dijalankan lebih cepat supaya dampaknya dari diklat-diklat pemerintah ke depannya tidak kalah bermutu dari diklat-diklat di luar negeri,” ujarnya.

Untuk diketahui, salah satu kebijakan yang dirumuskan Kementerian PANRB adalah ASN Merdeka Belajar dan simplifikasi mekanisme manajemen talenta. Konsep merdeka belajar tersebut, sambung Taufiq, telah diperkenalkan sejak tiga tahun terakhir sejalan dengan grand design reformasi pengembangan kompetensi ASN.

Sejak saat itu juga, LAN telah membangun dan mengembangkan wadah yang memfasilitasi ASN untuk belajar mandiri dimana saja dan kapan saja.

“Hal ini tidak hanya menjadi langkah strategis untuk menciptakan SDM profesional dan juga adaptif namun juga perwujudan LAN sebagai center of excellent untuk melahirkan Smart ASN, serta mempertegas peran dan kedudukan LAN sebagai lembaga pemerintah yang siap bahu-membahu menciptakan birokrasi berkelas dunia,” pungkas Taufiq.
Baca juga: Menteri PANRB: Presiden Jokowi setujui penyusunan RPP Manajemen ASN
Baca juga: LAN luncurkan puluhan konten pembelajaran digital untuk ASN

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024