Jakarta (ANTARA) - Koordinator Startup Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Sonny Hendra Sudaryana menyatakan pemerintah melalui Kemenkominfo berupaya menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan bisnis para pelaku perusahaan rintisan (startup). 

"Dari Kemenkominfo bagaimana kita create (menciptakan) ekosistem yang tepat agar founders (pelaku usaha) bisa bertumbuh dengan resources (sumber daya) yang mereka butuhkan," kata Sonny dalam diskusi daring yang dipantau di Jakarta, Kamis.

Sonny menyebutkan, dari sisi teknologi pemerintah membantu penyediaan infrastruktur untuk pemerataan dan peningkatan kualitas jaringan internet. 

Baca juga: Kemenangan Indonesia di ADA 2024 bukti sukes program "startup digital"

Menurutnya, jaringan internet yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia berpotensi membuka pasar baru bagi perusahaan rintisan.

"Jadi ketika ada wilayah baru yang terkoneksi internet itu salah satu potensi untuk market (pasar) dari startup-nya," ucap Sonny.

Di samping menyiapkan infrastruktur digital, memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pemanfaatan teknologi digital juga dinilai Sonny sebagai hal penting.

Dia menyinggung bagaimana platform perdagangan elektronik (e-commerce) mengenalkan aplikasinya secara masif kepada masyarakat ketika saat itu ekosistem perdagangan elektronik masih awal terbentuk.

"Sebetulnya itu adalah edukasi masyarakat untuk mengubah culture, percaya bahwa ketika kita nge-klik di aplikasi barangnya bakal datang," ujarnya.

Baca juga: Kemenkominfo siapkan dukungan keberlanjutan bagi startup alumni HUB.ID

Sebagai bentuk edukasi, Kemenkominfo melalui program literasi digital mendorong masyarakat untuk meningkatkan kecakapan pemanfaatan teknologi digital khususnya pada empat pilar literasi digital yakni kecakapan digital, keamanan digital, budaya digital, dan etika digital.

"Sehingga ketika startup-nya mau deploy apapun, adopsi teknologinya lebih cepat," ucapnya.

Dukungan lainnya yakni memfasilitasi para pelaku perusahaan rintisan dalam mengembangkan bisnisnya melalui pembekalan berupa edukasi dan bimbingan yang memadai.

Selain itu, perusahaan rintisan juga dibantu dalam memperluas jaringan bisnis ke perusahaan besar, instansi, hingga pasar luar negeri.

"Mereka ketemu dengan orang-orang baru, ketemu instansi dan perusahaan, bahkan kita sekarang membuka buat memperluas ke pasar ke luar negeri," demikian kata Sonny.

Baca juga: Kemenkominfo buka kolaborasi lintas sektor untuk startup lewat SSI X

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024