Tapi saya tadi juga minta arahan Pak Mendagri agar kita bisa memberi kontribusi lebih besar, sebab tantangan ke depan pasti juga semakin besar
Penajam Paser Utara (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Akmal Malik menegaskan Pemprov Kaltim akan terus memberi dukungan maksimal untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Penegasan itu disampaikan Pj Gubernur Akmal Malik saat mendampingi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melakukan kunjungan ke IKN, Kamis.

Kepada Mendagri, Pj Gubernur Akmal Malik menjelaskan bahwa dukungan Pemprov Kaltim dan jajaran Forkopimda sudah dilakukan dengan maksimal.

Dua contoh yang disampaikan Akmal adalah membantu penyelesaian pembebasan lahan untuk Bandara VVIP IKN dan jalan tol dari Km 13 Balikpapan menuju IKN.

Baca juga: OIKN: Kendaraan dinas di IKN hanya untuk presiden, wapres dan menteri

"Tapi saya tadi juga minta arahan Pak Mendagri agar kita bisa memberi kontribusi lebih besar, sebab tantangan ke depan pasti juga semakin besar," ucap Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri yang sepanjang kunjungan tadi didaulat berada dalam mobil yang sama dengan Mendagri Tito Karnavian, RI 21.

Mendagri Tito Karnavian sendiri berkesempatan mengunjungi tiga lokasi pembangunan yaitu Istana Presiden, Plaza Seremoni (ruang untuk aktivitas publik dan seni budaya), dan rumah tapak menteri.

Saat kunjungan, Mendagri banyak mendengarkan penjelasan dari para petugas di lapangan. Khususnya terkait pembangunan Istana Negara dan rencana lokasi upacara Hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2024.

Petugas setempat menjelaskan untuk pekerjaan gedung istana dan lapangan upacara dikerjakan dengan durasi 632 hari. Target rampung akhir Juli 2024. Total nilai proyek dua kegiatan itu adalah Rp1,3 triliun.

Baca juga: Persemaian IKN siapkan 2,5 juta bibit gratis untuk warga

"Progres update sampai hari ini realisasi 55,16 persen dari rencana 51,43 persen. Jadi ada deviasi 3,74 persen Pak Menteri," kata petugas proyek itu.

Dengan progres yang positif itu, Mendagri Tito Karnavian sangat optimis upacara HUT RI 17 Agustus 2024 bisa digelar sesuai rencana dan akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Sesekali Mendagri mengajukan pertanyaan kepada petugas proyek IKN untuk memastikan semua berjalan sesuai tahapan dan rencana.

"Alhamdulillah, mudah-mudahan semua berjalan lancar dan sukses," kata Mendagri.

Hadir dalam kunjungan itu, Pangdam VI Mulawarman MayjenTNI Tri Budi Utomo dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto dan Pj Bupati PPU Makmur Marbun.

Baca juga: OIKN luncurkan pendahuluan VLR SDGs IKN di APFSD ke-11 

Pewarta: Arumanto
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024