Kami selalu memberikan pelatihan kepada UMKM yang sementara berjalan untuk menambah pemahaman bagaimana strategi pasar yang harus dilakukan di era modern ini
Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua mendorong pelaku UMKM orang asli Papua (OAP) mengembangkan produk olahan lokal menjadi sesuatu bernilai ekonomis.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Jayapura Hariyanto di Sentani, Kamis mengatakan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat banyak cara salah satunya mengembangkan olahan seperti pisang, jagung dan jenis umbi-umbian.

“Misalnya pisang dibuat keripik, jagung diolah menjadi kue dan singkong atau ketela bisa dibuat berbagai jenis kue atau makanan yang memiliki nilai ekonomis,” katanya.

Menurut Hariyanto, pelatihan kepada kelompok UMKM dilakukan setiap tahunnya untuk membuka pemahaman dan agresifitas menyambut peluang pasar.

“Kami selalu memberikan pelatihan kepada UMKM yang sementara berjalan untuk menambah pemahaman bagaimana strategi pasar yang harus dilakukan di era modern ini,” ujarnya.

Dia menjelaskan anggaran otonomi khusus (Otsus) yang diberikan tahun ini besarannya tidak berbeda seperti tahun lalu kurang lebih sebesar Rp3 miliar.

“Kami akan fokuskan untuk pemberdayaan perempuan dan meningkatkan kemampuan dalam UMKM berbagai sektor sehingga tidak kalah bersaing dengan pelaku usaha non Papua,” katanya.

Dia menambahkan tahun lalu pihaknya juga membuat pelatihan mebeler kepada pemuda OAP dari wilayah pembangunan IV seperti Distrik Yapsi dan Kaureh.

“Kenapa kita buat pelatihan kepada mereka di wilayah itu karena mereka memiliki banyak sekali sumber daya alam berupa kayu, maka kita fokuskan itu untuk mereka bisa mencari uang dengan berbagai kerajinan yang dikerjakan,” ujarnya.

Pelatihan serupa akan dilanjutkan tahun ini dengan tetap menggandeng SMK Negeri V Kota Jayapura, Papua yang khusus dalam mengerjakan berbagai jenis mebeler.

Baca juga: Pemkab Jayapura: ADK 2024 fokus tujuh program strategis nasional

Baca juga: Pemkab Jayapura dorong perempuan Papua tingkatkan UMKM berbahan sagu


Baca juga: Pemkab Jayapura dorong Asei jadi kampung wisata 2024
 

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024