Washington (ANTARA) - Para pemimpin sejumlah lembaga di PBB dan organisasi kemanusiaan mendesak Israel untuk menyediakan makanan dan pasokan medis ke Jalur Gaza, Rabu (21/2) malam.

Mereka memperingatkan bahwa warga sipil di sana berada dalam “malapetaka ekstrem.”

“Kami menyerukan agar Israel untuk memenuhi kewajiban hukumnya, berdasarkan hukum kemanusiaan dan hak asasi manusia internasional, untuk menyediakan makanan dan pasokan medis serta memfasilitasi operasi bantuan, dan kepada para pemimpin dunia untuk mencegah terjadinya bencana yang lebih buruk lagi,” kata pernyataan forum koordinasi kemanusiaan tingkat tertinggi dalam sistem PBB, Inter-Agency Standing Committee (IASC).

Menurut keterangan mereka, sistem kesehatan terus terdegradasi secara sistematis seiring konsekuensi bencana.

Selain itu mereka menambahkan bahwa pada 19 Februari, hanya 12 dari 36 rumah sakit dengan kapasitas rawat inap yang berfungsi sebagian.

"Penyakit merajalela. Kelaparan mengancam. Air semakin menipis. Infrastruktur dasar hancur. Produksi pangan terhenti. Rumah sakit berubah menjadi medan perang. Satu juta anak menghadapi trauma setiap hari," tambahnya.

Komite tersebut memperingatkan terhadap peningkatan kekerasan lebih lanjut di Rafah, yang merupakan rumah bagi lebih dari  sejuta penduduk yang mencari perlindungan dari perang Israel di wilayah tersebut, dengan mengatakan hal ini tersebut dapat memberikan pukulan mematikan terhadap respons kemanusiaan yang sudah tidak berdaya.

Untuk menghindari bencana yang lebih buruk lagi, komite tersebut mencantumkan 10 persyaratan, termasuk gencatan senjata segera, perlindungan warga sipil dan infrastruktur yang dapat diandalkan, pembebasan sandera, jalan tanpa hambatan untuk mendistribusikan bantuan, sistem pemberitahuan kemanusiaan yang berfungsi, dan jaringan komunikasi yang stabil.

“Lembaga-lembaga kemanusiaan tetap berkomitmen, meski ada risikonya. Namun mereka tidak bisa dibiarkan untuk mengambil tindakan,” demikian dalam pernyataan tersebut.

Pemboman Israel yang terjadi kemudian telah menewaskan sedikitnya 29.313 orang dan melukai hampir 70.000 orang dengan kehancuran massal dan kekurangan bahan-bahan kebutuhan pokok.

Perang Israel di Gaza telah menyebabkan 85 persen penduduk wilayah tersebut mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur di wilayah tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.

Israel dituntut karena melakukan genosida di Mahkamah Internasional. Keputusan sementara pada bulan Januari memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan tindakan genosida dan mengambil tindakan untuk menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Studi ungkap potensi 86.000 kematian jika perang Israel berlanjut
Baca juga: Israel larang masuk misi UNRWA untuk kirim bantuan di Gaza utara

Penerjemah: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2024