semoga akan meningkatkan kesejahteraan, produktivitas, serta kualitas pendidikan
Padang (ANTARA) - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumbar memberikan bantuan pemasangan meteran listrik gratis Program Light Up The Dream kepada 296 warga prasejahtera di provinsi itu sepanjang Januari 2024.
 
"Sebanyak 296 pelanggan penerima bantuan listrik gratis tersebar di seluruh wilayah Sumatera Barat yang dilayani oleh 30 Kantor Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN UID Sumbar," kata General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho di Padang, Kamis.
 
Selain mendapatkan pemasangan meteran listrik secara gratis, 296 pelanggan ini juga mendapatkan bantuan pembiayaan Instalasi Milik Pelanggan (IML), Sertifikat laik Operasi (SLO), serta token perdana.
 
Eric mengatakan Program Light Up The Dream merupakan bantuan penyambungan listrik tanpa biaya yang berasal dari donasi pegawai PLN.
 
Melalui Program program ini, PLN berupaya mewujudkan mimpi masyarakat yang belum berlistrik atau belum memiliki meteran listrik sendiri menjadi mendapatkan listrik atau memiliki meteran listrik sendiri.

Baca juga: Anggota DPR menilai program pasang listrik gratis berdampak signifikan
Baca juga: 48 keluarga kurang mampu nikmati listrik gratis program LUTD PLN MMU
 
Biaya Penyambungan untuk 294 pelanggan penerima listrik gratis ini berasal dari dana zakat pegawai PLN yang dikelola oleh Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN UID Sumatera Barat. Sementara 2 lainnya berasal dari donasi para Srikandi PLN UID Sumatera Barat.
 
‘’Kita semua tentu setuju bahwa listrik merupakan salah satu kebutuhan utama saat ini. Hadirnya listrik di kediaman 296 masyarakat ini semoga akan meningkatkan kesejahteraan, produktivitas, serta kualitas pendidikan maupun kesehatan anak,” kata Eric.
 
Salah seorang penerima listrik gratis Kelurahan Batipuh Panjang Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Gusnawati mengaku sangat bersyukur dihadiahi meteran listrik oleh PLN di awal tahun 2024.
 
‘’Sudah lama mau sambung meteran ke PLN, agar tidak bagi-bagi arus dengan kakak di sebelah. Tapi uang tidak terkumpul terus. Maklum saya buruh serabutan,” katanya.

Baca juga: Kementerian ESDM pasang listrik gratis 131.600 rumah tangga di 2023
Baca juga: PLN UID Sumut pasang gratis sambungan listrik untuk 4.500 keluarga
Baca juga: Program Sambung Listrik Gratis PLN telah disalurkan ke 17.098 rumah

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024