Jakarta (ANTARA) - Timnas bola basket putra Indonesia kalah dengan skor 73-56 dari Thailand pada ajang Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025 yang digelar di Nimbutr Stadium Bangkok, Thailand, Kamis.

Dalam pertandingan perdana di kualifikasi kejuaraan bola basket Asia tersebut, Indonesia hanya bisa unggul 0-5 dua menit pertama laga berjalan, yang selanjutnya kedudukan dipimpin oleh Thailand sampai laga berakhir.

Ketertinggalan poin Indonesia paling jauh sampai 28 poin di kuarter ketiga.

Mengutip statistik pertandingan di laman resmi FIBA, perbedaan akurasi tembakan yang membuat tim Indonesia kewalahan menghadapi Thailand.

Indonesia hanya mencatat akurasi tembakan 27 persen, hanya 17 bola yang masuk dari 62 percobaan tembakan selama pertandingan. Sementara Thailand lebih baik dengan akurasi 39 persen, atau 26 masuk dari 66 upaya tembakan.

Baca juga: Pelatih terus asah kerja sama skuad timnas jelang lawan Thailand

Pemain Indonesia yang paling banyak mencetak poin hanyalah Agassi Goantara dengan 14 poin. Dia berhasil memasukan 5 bola dari total 13 percobaan tembakan, tiga di antaranya adalah tembakan tripoin.

Di luar itu, tak ada lagi pemain Indonesia yang mencetak angka sambai double digit. Pemain naturalisasi Indonesia Lester Prosper yang biasanya moncer di klub Dewa United Banten hanya menyumbang 6 poin selama 21 menit bermain.

Kaleb Ramot Gemilang hanya mencetak 8 poin dengan akurasi tembakan 30 persen. Dan yang paling sering meleset saat menembak adalah Reza Guntara dengan hanya satu kali memasukan bola dalam permainan terbuka, dari sembilan kali upaya tembakan, atau akurasi tembakan 11,1 persen.

Meski sempat tertinggal hampir 30 angka, Indonesia berhasil memperkecil selisih poin di kuarter empat dengan mencetak 21 poin di kuarter terakhir tersebut. Membayar sedikitnya poin yang dibuat di kuarter pertama dengan hanya 8 poin, dan kuarter tiga hanya 10 poin.

Dari Thailand, empat pemain mencetak dua digit poin yakni Moses Morgan 24 poin, Frederick Lee Jones dan Chanatip Jakrawan masing-masing 13 poin, serta Nakorn Jaisanuk 11 poin.

Selanjutnya, timnas akan menjalani pertandingan kualifikasi FIBA Asia Cup kedua melawan Australia yang akan digelar di Indonesia Arena, Minggu (25/2).

Baca juga: Timnas jalani uji coba terakhir sebelum Kualifikasi FIBA Asia Cup
Baca juga: Di kualifikasi FIBA Asia Cup, Indonesia beri jam terbang pemain muda

 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024