Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksdya TNI Irvansyah menerima kunjungan Atase Pertahanan Prancis Colonel Sven Meic serta Wakil Athan Lieutenant Colonel Olivier Cam dalam rangka membahas kerja sama dalam pengamanan lautan, Kamis.

Pertemuan itu berlangsung di aula Ary Hasibuan Mabes Bakamla RI yang berlokasi di Jakarta Pusat.

Dalam siaran pers resmi Bakamla, Irvansyah di pertemuan tersebut menyampaikan apresiasi atas dukungan dan kerja sama yang telah dilakukan selama ini.

Dalam pertemuan ini, ke dua belah pihak membahas lebih detail terkait latihan bersama yang telah terjadi antara Bakamla dengan pihak pengamanan laut Perancis.

Baca juga: Bakamla RI evakuasi KM Alexindo 8 yang terbakar di Batam

Baca juga: Bakamla: Empat kawasan strategis pengamanan di Indonesia


Dalam siaran pers resmi itu dijelaskan pada September lalu Bakamla RI mendapat tawaran pelatihan navigasi sehingga pihaknya mengirimkan beberapa perwakilan personel untuk mengikuti pelatihan tersebut.

Selain itu, Bakamla RI juga akan menghadiri Bilateral Maritime Dialogue (BMD ke-2) di Prancis.

Beberapa poin pembicaraan adalah penjajakan kerja sama antara Bakamla RI dengan France Coast Guard (France SGMer) dalam hal peningkatan kapasitas personel, dan inisiasi keterlibatan Coast Guard dalam Croix du Sud.

Croix du Sud merupakan latihan multilateral dalam ranah Humanitarian Assistant and Disaster Relief (HARD).

Selain kerja sama di bidang pelatihan, pihak Prancis juga menawarkan penempatan tenaga ahli keamanan maritim di Bakamla RI.

Namun demikian, pihak Bakamla RI perlu berkonsultasi dengan beberapa pihak terkait mengenai hal tersebut. Terlepas dari itu, dia berharap kerja sama antara Bakamla RI dan pihak France SGMer bisa berjalan dengan baik.*

Baca juga: Bakamla-AS resmikan pusat pelatihan maritim di Batam

Baca juga: HUT Ke-18 Bakamla, keterbatasan masih jadi tantangan

Pewarta: Walda Marison
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024