Jakarta (ANTARA) -
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meresmikan Taman Jaticimel, Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Jumat, sebagai upaya mewujudkan lingkungan Jakarta yang berkelanjutan.
 
"Hari ini kita bersyukur bahwa Taman Jaticimel telah diresmikan sebagai penanda babak baru dalam penataan kawasan di Cipinang Melayu," kata Heru saat peresmian.

Keberadaan taman ini, selain mempercantik kawasan, juga diharapkan bisa dioptimalkan warga untuk digunakan dalam kegiatan positif.
 
Dia berharap kehadiran taman bisa menambah nilai keasrian suatu kawasan. Dengan adanya penataan kawasan dengan menambah ruang hijau juga sebagai upaya mewujudkan lingkungan Jakarta yang berkelanjutan.

Baca juga: Pemprov DKI bangun sepuluh taman di tiga wilayah selama 2024
 
Heru pun mengapresiasi berbagai fasilitas yang tersedia di taman ini. "Dilihat dari segi estetikanya, taman ini sangat bagus. Penataan taman pun dinilai estetik," katanya.

Lalu, fasilitas yang ada juga sangat menunjang, baik yang ingin berolahraga, bersantai, bahkan yang ingin menikmati keindahan taman. "Kami ingin taman ini bisa menjadi simpul mempererat kerukunan warga," ujarnya.
 
Heru meminta kepada warga sekitar, khususnya di Cipinang Melayu dapat merawat fasilitas umum (fasum) ini karena selain bisa berguna untuk kegiatan banyak orang, juga bisa dirasakan oleh generasi penerus di masa depan.
 
"Kami berpesan kepada warga agar bisa merawat dan menjaga fasum ini, sebagai tanggung jawab bersama. Hal ini agar Taman Jaticimel bisa dirasakan manfaatnya hingga generasi penerus," katanya.

Baca juga: DKI tambah 23 taman baru hingga akhir tahun
 
Peresmian tersebut dilakukan secara simbolis dengan menandatangani sebuah prasasti.
Heru didampingi Sekda Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono dan Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M Anwar menanam pohon jamblang dan leci di taman tersebut.
 
Taman Jaticimel dibangun pada Mei 2023 dan rampung pada Oktober 2023, dengan luas lahan 5.322 meter persegi (m2). Taman ini memiliki berbagai fasilitas, seperti taman bermain anak, ruang membaca, lapangan multifungsi, area pejalan kaki, pos jaga, toilet, "viewing deck" serta area parkir.
 
Dalam peresmian tersebut, turut hadir Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekda Provinsi DKI Jakarta Afan Adriansyah dan Kepala Biro Kerja Sama Daerah Setda Provinsi DKI Jakarta Marulina Dewi.

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta Bayu Meghantara serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024