Tahun ini kami juga akan menyalurkan bantuan Alsintan khusus petani OAP yang tersebar di berbagai kampung dan distrik
Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua melalui Dinas Pertanian Ketahanan Pangan (DPKP) pada tahun anggaran 2024 menyiapkan program bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) untuk petani orang asli Papua (OAP) di berbagai kampung dan distrik.

"Tahun ini kami juga akan menyalurkan bantuan Alsintan khusus petani OAP yang tersebar di berbagai kampung dan distrik," kata Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Biak Numfor Immanuel Naap di Biak, Jumat.

Ia mengatakan, bantuan Alsintan berupa traktor tangan untuk petani OAP dalam upaya meningkatkan produksi kebutuhan pangan lokal.

Dengan adanya program bantuan mesin traktor, lanjut Immanuel, diharapkan dapat membantu petani dengan mudah membuka lahan pertanian lebih cepat guna melakukan penanaman.

"Kami tetap berikan prioritas terhadap petani OAP untuk mendapat program bantuan Alsintan," kata Kadis Pertanian Immanuel Naap.

Untuk 2024, Dinas Pertanian, menurut Immanuel, juga telah memprogramkan bantuan bibit tanaman hingga pupuk NPK dan pupuk organik untuk menunjang operasional petani OAP untuk menunjang ketahanan pangan lokal.

"Program bantuan Alsintan dan pupuk tanaman merupakan kebutuhan yang banyak dibutuhkan petani orang asli di sejumlah kampung," sebut Immanuel.

Sedangkan untuk bidang peternakan, lanjut dia, Dinas Pertanian juga memperkuat bantuan bibit ternak ayam petelur dan ayam potong.

"Untuk jumlah bibit ternak ayam petelur dan ayam potong masing-masing 20 ribu ekor," ujarnya.

Berdasarkan data Dinas Pertanian daerah potensial sektor pertanian tersebar di wilayah Distrik Biak Timur, Yendidori, Biak Barat, Biak Utara, Samofa hingga pulau Numfor.

Baca juga: Pemkab Jayapura dorong pelaku UMKM OAP kembangkan produk lokal

Baca juga: DPRD: Dana otsus diharapkan berdayakan ekonomi OAP di pelosok kampung

Baca juga: DPKP: Hasil tani-peternakan Biak pasok kebutuhan warga antarkabupaten

Baca juga: Gubernur Papua Tengah minta OPD dorong peningkatan kesejahteraan OAP

Pewarta: Muhsidin
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024