Manado (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memotivasi nasabah Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) Permodalan Nasional Madani (PNM) agar terus meningkatkan usahanya, di Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut), Jumat.

"Semangat kerja menjadi satu dari dua kunci sukses dalam menjalankan usaha," kata Jokowi, dalam Silahturahmi Presiden RI dengan peserta Mekaar PNM, di Bitung, Jumat.

Presiden Jokowi pun menceritakan kisah awal dirinya membangun usaha.

"Saya ingat waktu awal saya membangun usaha tahun 1988. Saya kerja mulai dari subuh hingga tengah malam. Apa yang terjadi ? Hasilnya kelihatan, berbeda dengan yang kerjanya biasa-biasa saja,” ujarnya.

Tahun kedua, lanjutnya, ia sudah bisa masuk ke pasar di Jakarta.

Baca juga: Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Lolak

"Tahun ketiga, barang saya sudah bisa diekspor ke seluruh dunia,” ungkapnya.

Kunci sukses lainnya adalah disiplin, satu hal ini sangat penting.

Presiden Jokowi melakukan silaturahmi dengan nasabah dan pendamping program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) binaan Permodalan Nasional Madani (PNM), di GOR Kota Bitung, Sulawesi Utara, pada Jumat 23 Februari 2024.

Sebanyak sekira 3.500 nasabah dan pendamping program PNM Mekaar hadir dalam acara silaturahmi tersebut.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menyatakan selalu senang setiap bertemu dengan nasabah dan pendamping program PNM Mekaar.

Kata Jokowi, para nasabah khususnya, selalu tampak bersemangat.

Hal ini juga yang menurut Presiden Jokowi, sangat terlihat saat dirinya bertemu dengan nasabah PNM Mekaar di Sulawesi Utara.

Baca juga: Presiden Jokowi: Pengelolaan air harus jadi konsentrasi kerja

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024