Ambon (ANTARA) - Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melakukan aksi bersih sampah di Sungai Wairuhu Desa Galala, Kota Ambon dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2024

Ratusan ASN perwakilan dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) membersihkan sampah di sepanjang muara Sungai Wairuhu atau di bawah Jembatan Merah Putih Ambon, Maluku, Jumat.

"Sampah yang dikumpulkan sebagian besar merupakan sampah plastik yang dibuang warga ke pantai, juga sampah dari laut yang dibawa arus ketika musim timur," kata Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena, di Ambon, Jumat.

Baca juga: Peringatan hari peduli sampah nasional, Pontianak bersihkan Waterfront

Ia mengatakan, peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) ini merupakan wujud kepedulian ASN Pemkot Ambon terhadap lingkungan serta melakukan perubahan perilaku gaya hidup minim sampah dan budidaya memilah sampah.

Sesuai surat edaran Menteri LHK Nomor 2/2024 tentang Peringatan HPSN, tahun ini mengangkat tema "Atasi Sampah Plastik Dengan Cara Produktif".

"Tema tersebut memberi pesan buat kita semua bahwa urusan sampah plastik adalah urusan penting dan mendesak sehingga harus menjadi satu urusan prioritas," katanya.

Selain itu, juga merupakan salah satu langkah dalam upaya mengelola sampah dari pola kumpul, angkut dan buang menjadi hindari, batasi, pilah, olah dan proses akhir yang menjadi kebutuhan bersama.

Baca juga: Peringati HPSN, Pemkab Jember tukar sampah plastik dengan bibit pohon

"Cara ini menjadi sumber daya produktif menuju Zero Waste, Zero Emission di Kota Ambon, yakni sampah dapat memberikan manfaat lingkungan, sosial, ekonomi secara bersama," katanya.

Ia mengatakan, menyelesaikan urusan sampah plastik tidak cukup dengan hal biasa-biasa saja, namun membutuhkan cara luar biasa yang memerlukan gagasan dan inovasi baru, sehingga dapat memadu serasikan antara kepentingan ekonomi dan sosial.

"Salah satu cara mengatasi sampah plastik adalah pemerintah perlu meningkatkan peran aktif dalam mengatasi polusi akibat sampah plastik, serta perlu partisipasi masyarakat dalam perubahan perilaku gaya hidup minim sampah dan budidaya memilah sampah," kata Bodewin.

Baca juga: Bandung kampanyekan kelola sampah secara mandiri saat HPSN 2024 

Peringatan HPSN 2024 di Kota Ambon, selain diisi dengan aksi bersih sampah, juga ada dialog dan Podcast.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024