Jakarta (ANTARA) — Presiden Joko Widodo meresmikan proyek saluran pembuangan air limbah (Sewerage) zona Barat Laut paket B2 dan C2 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis.

Proyek garapan PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (kode saham: WSKT) ini mendukung Program Metropolitan Sanitation Management Investment Project (MSMIP).

“Sistem pengelolaan air limbah domestik terpusat di Losari ini sangat penting untuk mengelola air limbah cair agar ramah lingkungan dan meningkatkan kualitas air tanah dan air baku,” ucap Presiden Joko Widodo.

Menurut Presiden Joko Widodo, sistem ini juga diharapkan dapat membangun kesadaran masyarakat. Terutama dalam mengatasi pencemaran lingkungan di Kota Makassar.

“Sistem pengeluaran air limbah ini kita butuhkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar memiliki perhatian dan kepedulian bersama-sama mengatasi masalah pencemaran lingkungan di kota Makassar,” ujarnya.

Direktur Operasi II Waskita Karya Dhetik Ariyanto mengatakan, proyek Makassar Sewerage paket B2 dan C2 dibangun sebagai dukungan untuk meningkatkan pelayanan air limbah domestik sistem terpusat pada kawasan perkotaan, dengan tujuan untuk meningkatkan kebutuhan sanitasi dan kesehatan masyarakat.

“Selain itu dapat menjaga kualitas air tanah dan baku, menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, serta dapat menjadi sarana edukasi peningkatan kesadaran masyarakat terhadap isu pencemaran lingkungan di Kota Makassar,” ungkap Dhetik.

Sebagai informasi, Pembangunan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik-Terpusat (SPALD-T) mendapatkan sumber pendanaan dari APBN, dilanjutkan pembangunan IPAL Domestik dan sebagian jaringan perpipaan melalui sumber dana Loan Asian Development Bank (ADB).

“IPAL Losari yang berlokasi di Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar dibangun di lahan 2,3 hektar dan diharapkan dapat melayani 70.000 jiwa. Untuk saluran pembuangan air limbah Sewerage paket B2 sendiri meliputi wilayah 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Mamajang, Mariso dan Makassar. Sementara untuk Sewerage paket C2 meliputi 2 Kecamatan yaitu Kecamatan Ujung Pandang dan Mariso,” tambah Dhetik.

Dalam pelaksanaannya, secara teknis Proyek Makassar Sewerage paket B2 dan C2 menggunakan metode jacking dengan menggunakan mesin jacking horizontal yang ramah lingkungan dan tidak mengganggu aktifitas lingkungan sekitar mulai dari mengurangi polusi udara, menghindari kerusakan fasilitas dan utilitas di permukaan tanah, mengurangi penurunan tanah akibat penggalian terbuka dan lebih sedikit tanah galian.

“Waskita selalu mendorong pengembangan green construction di setiap proyek di antaranya dengan menggunakan material bangunan yang ramah lingkungan, efisien dalam pemakaian energi, sumber daya dan biaya, melakukan manajemen limbah konstruksi, melakukan uji emisi kendaraan proyek, serta mengukur kadar udara secara berkala. 

Penerapan green construction ini merupakan salah satu upaya Perseroan dalam meningkatkan dan melindungi keragaman ekosistem, memperbaiki kualitas udara, mereduksi limbah serta konservasi sumber daya alam. Hal ini menjadi salah satu bentuk komitmen Waskita terhadap keberlangsungan dan penyelamatan lingkungan serta ekosistem alam,” tutup Dhetik.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024